Diinisiasi 3 Yayasan Tanah Air, Telah Resmi Dibuka: Beasiswa Pasca Pandemi!

Diinisiasi 3 Yayasan Tanah Air, Telah Resmi Dibuka: Beasiswa Pasca Pandemi!
Beasiswa Pasca Pandemi siap dikucurkan bagi anak yang terancam purtus sekolah. (Media Group)

Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) bersama Indonesia Scholarship Center (ISC) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuat Program Beasiswa Pasca Pandemi untuk menanggulangi adanya anak yang putus sekolah setelah wabah.

Inibaru.id - Berbagai  pihak mencoba mengulurkan kepeduliannya terhadap dampak pandemi corona. Kali ini tiga yayasan berkolaborasi menggalang dana terbuka yang ditujukan untuk pendidikan anak negeri.

Ketiga yayasan tersebut adalah Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF), Indonesia Scholarship Center (ISC), dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Sektor pendidikan memang dinilai menjadi salah satu sektor yang paling besar terkena dampak pandemi. Adanya pembatasan kerja pada orang tua membuat mereka kesulitan memenuhi biaya sekolah anaknya.

Berangkat dari situlah SEBAF, yang merupakan bagian dari Keluarga Besar Media Group yang fokus pada pendidikan di Indonesia, menginisiasi "Program Beasiswa Pasca Pandemi" dengan menggandeng Baznaz dan ISC.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak-anak di dalam negeri bisa terus sekolah di tengah pandemi.

Tahap Pertama Telah Dimulai

Beasiswa Pasca Pandemi tahap pertama dibuka hari ini, 8 Mei 2020. Program tersebut akan berlangsung hingga 18 Juli 2020. Kemudian, penyerahan beasiswa akan dilaksanakan pada Juli dan Agustus 2020.

Pengurus SEBAF Findo Gading mengatakan, banyak anak berpotensi putus sekolah karena krisis pascapandemi. Karena itulah dia mengajak semua pihak, khususnya lembaga pendidikan, untuk mendukung  program ini. 

“Di tengah Ramadan ini, saya harap bakal banyak dermawan yang ingin mendonasikan sebagian rezekinya melalui program ini,” tuturnya Jumat (8/5/2020).

Untuk saat ini, penerima beasiswa difokuskan untuk Kawasan Jabodetabek. Beasiswa tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk keluarga dari tenaga medis yang meninggal lantaran terdampak Covid-19.

Selain itu, penerima beasiswa juga diperuntukkan bagi anak dari orang tua yang berprofesi sebagai guru honorer, tukang ojek, tukang becak, tukang parkir, dan buruh harian.

Penerima beasiswa terdiri atas tiga kategori, yakni siswa SMP yang akan melanjutkan ke SMA, siswa SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dan mahasiswa aktif dengan minimal IPK 3.00.

Tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Silakan lengkapi formulir yang dapat diunduh di sini:

Untuk yang pengin berdonasi, kamu juga bisa salurkan di sini: 

  • Bank Mandiri: 165-00-0190384-9 atas nama Yayasan Surya Edukasi Bangsa
  • Bank BNI Syariah: 891-301-900-30200-19 atas nama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
  • Bank Permata Syariah: 552-055-99-41 atas nama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
  • Bank BCA: 5520-5599-41 atas nama Yayasan Pendidikan Beasiswa Indonesia (Indonesia Scholarship Center)

Seperti orang bijak pernah bilang, bakal selalu ada jalan untuk kamu yang berjuang. Yang penting, kamu nggak patah semangat. Yuk, kita hadapi bareng-bareng! (IB28/E03)