Diguyur Hujan Semalam, Tiga Kecamatan di Brebes Terendam Banjir

Perubahan cuaca akhir-akhir ini membuat beberapa daerah terendam banjir, salah satunya Brebes. Banjir di Brebes merendam tiga kecamatan dan mengakibatkan ribuan rumah tergenang.

Diguyur Hujan Semalam, Tiga Kecamatan di Brebes Terendam Banjir
Warga melintas di jalan yang terendam banjir di Brebes. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Tiga kecamatan di Kabupaten Brebes terendam banjir pada Senin (12/2/2018). Banjir terjadi karena hujan deras mengguyur sejak Minggu sore hingga Senin pagi. Intensitas hujan yang tinggi membuat Sungai Pemali meluap dan dua titik tanggul sungai jebol.

Ketiga kecamatan yang terkena imbas jebolnya tanggul Sungai Pemali yakni Kecamatan Jatibarang, Brebes, dan Wanasari. Desa Terlangu dan Pemaron menjadi desa yang paling parah diterjang banjir. Kompas.com, Senin (12/2), menuliskan, ketinggian air di kawasan itu mencapai satu meter.

Baca juga:
Banjir Bandang di Kendal Hanyutkan Tiga Rumah
Solo Jadi Kota Paling Layak Huni di Indonesia

Air sungai mulai meluap ke Desa Buaran dan Kedungtakung, Kecamatan Jatibarang pada pukul 05.00 WIB. Nggak lama kemudian dua titik tanggul sungai di Desa Terlangu, Kecamatan Brebes, jebol.

“Airnya sudah masuk dari tadi pagi tapi ini tambah tinggi karena ada tanggul yang jebol,” tutur Jaya, warga Desa Terlangu seperti yang ditulis Detik.com, Senin (12/2).

Banjir yang merendam tiga kecamatan tersebut membuat ribuan rumah warga tergenang. Selain itu, banjir mengakibatkan jalur transportasi Jatibarang-Brebes terputus. Dua warga juga dilaporkan meninggal karena terseret arus banjir.

Baca juga:
Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida Resmi Head-to-head di Pilgub Jateng 2018
Kepincut Diskon Saat Low Season

Sementara ini warga yang terdampak banjir mengungsi di tanggul desa. Kepala BPBD Brebes Eko Andalas mengaku sedang mempersiapkan dapur umum dan tempat pengungsian. Eko mengungkapkan, pihaknya berencana membangun tempat pengungsian di Kwarcab Pramuka dan Gedung Olahraga Brebes.

Semoga airnya segera surut dan warga dapat kembali menempati rumahnya masing-masing ya, Millens. (IF)