Dietmu Berbahaya Kalau Sampai Terkena Anoreksia

Diet bole-boleh saja. Namun, kalau kamu diet ekstrem sampai nggak makan, bisa jadi kamu terkena anoreksia nervosa, Millens.

Dietmu Berbahaya Kalau Sampai Terkena Anoreksia
Ilustrasi gejala Anoreksia. (Freepik/petzshadow)

Inibaru.id – Sebagian orang memilih diet untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, sebagian yang lain berdiet hanya untuk menurunkan berat badan. Nggak jarang, yang bertujuan menurunkan berat badan melakoni diet yang sangat ekstrem bahkan sampai terkena gangguan makan.

Gangguan makan yang biasanya menghampiri para pelaku diet adalah anoreksia nervosa. Anoreksia merupakan gangguan makan yang ditandai dengan rasa takut yang berlebihan bila berat badan bertambah dan gangguan persepsi pada bentuk tubuh.

Penderita gangguan ini umumnya selalu merasa takut bila memiliki berat badan berlebih, meski kenyataannya mereka memiliki tubuh yang sangat kurus. Mereka bahkan berusaha untuk menguruskan badannya lagi dengan berbagai cara seperti melakukan diet, melakukan kegiatan fisik berlebih, mengonsumsi obat pelangsing, dan paling parahnya selalu memuntahkan makanan yang telah dimakan dengan sengaja.

Penyakit ini pada umumnya lebih banyak menyerang wanita dibanding lelaki. Kondisi ini akan mulai tampak saat masa praremaja, selama masa remaja, sampai awal dewasa.

Gejala-gejala anoreksia nervosa antara lain, ketakutan yang teramat sangat terhadap penambahan berat badan, sering memuntahkan makanan secara disengaja, meminum obat-obat diet, menghindari makan atau makan dengan jumlah yang sangat sedikit, dan selalu menghitung kalori makanan yang akan dimakan.

Gangguan makan ini tentu saja sangat berbahaya karena dapat mengancam kehidupan penderita apabila nggak segera ditangani. Berat badan penderita akan semakin turun dan tubuh bisa kekurangan nutrisi penting karena nggak makan. Selain itu, ada juga efek psikologis dan gangguan fisik yang menyerang penderitanya seperti nggak mau bersosialisasi, depresi, nggak menstruasi (amenore), dehidrasi, osteoporosis, dan rambut tipis yang mudah rontok.

Para penderita anoreksia mesti ditangani dengan optimal dan sungguh-sungguh. Namun, terkadang penderita anoreksia nggak sadar bila kesehatannya terganggu. Karena itulah, peran dari lingkungan sekitar sangat penting. Bila kamu menemukan tanda-tanda itu pada teman-teman terdekatmu, coba dekati dan ajak konsultasi ke dokter ya, Millens. (IB07/E04)