Diet Mediterania Disebut Bakal Ngetren pada 2019, Ini Pedoman Menjalaninya

Diet Mediterania Disebut Bakal Ngetren pada 2019, Ini Pedoman Menjalaninya
Diet mediterania yang nikmat dan sehat disebut bakal ngetren tahun ini. (Itjeher)

Setelah menganalisis 41 metode diet, pakar kesehatan memutuskan diet mediterania paling cocok bagi mereka yang pengin menerapkan gaya hidup sehat atau menurunkan berat badan. Diet ini juga diprediksi bakal ngetren pada 2019.

Inibaru.id - Salah satu resolusi tahun baru yang kerap ditargetkan banyak orang adalah menjalani pola hidup sehat. Sebagian di antaranya juga pengin bisa menurunkan berat badan. Untuk mewujudkan hal itu, mereka akan memilih dan melakukan diet yang sesuai.

Bagi sobat Millens yang berada dalam posisi yang sama, diet mediterania bisa jadi pilihanmu. Detik.com, Kamis (3/1/2019) menulis, berdasarkan laporan yang dikeluarkan majalah mingguan Amerika Serikat US News and World, diet Mediterania diprediksi bakal menjadi diet terbaik untuk dilakukan pada 2019.

Anggapan ini muncul setelah para ahli menganalisis 41 metode diet. Berdasarkan berbagai kategori, diet mediterania selalu menempati posisi teratas. Diet itu disebut sangat cocok bagi mereka yang pengin menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Diet Mediterania dilakukan dengan cara menjaga pola makan dengan basis sayur-sayuran. Diet ini cukup mudah diikuti, bahkan bagi mereka yang mengidap diabetes sekalipun.

Sebagaimana namanya, diet mediterania diadopsi dari gaya hidup masyarakat dari negara-negara di kawasan Mediterania seperti Spanyol, Yunani, dan Italia. Konsep utama dari diet ini adalah mengonsumsi bahan-bahan makanan alami dan tidak mengonsumsi nutrisi buatan. Itu berarti, kamu nggak bisa mengonsumsi makanan olahan seperti sosis, nugget, bakso, dan lain-lain.

Kamu juga sangat disarankan untuk mengonsumsi whole food atau makanan-makanan dari bahan yang segar. Jika kamu pengin mengonsumsi buah atau sayuran, sebaiknya makanlah yang masih dalam kondisi segar atau setidaknya dijus secara langsung. Jus kemasan nggak disarankan bagi penganut diet ini. 

Penulis buku berjudul Lose: A Complete Guide to Weight Loss for Runners, Pamela Bede menyebut diet mediterania dilakukan dengan cara mengonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging ikan. Makanan-makanan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang baik bagi kesehatan jantung, kesehatan mental, dan kesehatan fisik secara keseluruhan.

Kendati begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menerapkan diet mediterania. Berikut beberapa di antaranya.

Hindari Produk Makanan Olahan

Hasil gambar untuk makanan berbahaya

Makanan olahan perlu dihindari saat melakukan diet. (Grid)

Produk makanan olahan tinggi kandungan lemak trans yang bisa menyebabkan kolesterol atau kanker sehingga harus dihindari.

Hindari Minuman Olahan

Hasil gambar untuk minuman sehat untuk anak

Minuman olahan sebaiknya dihindari saat menjalani diet mediterania. (Wollantondentalcare)

Minuman olahan seperti jus kemasan, minuman bersoda, dan teh botolan juga sebaiknya dihindari karena kaya akan kandungan yang nggak sehat.

Hindari Permen

Gambar terkait

Aneka macam permen nggak dibolehkan dikonsumsi penganut diet mediterania. (Freepik)

Permen kaya akan kandungan pemanis buatan yang nggak sesuai dengan diet mediterania.

Sarapan Sehat Setiap Hari

Hasil gambar untuk bubur havermut

Bubur havermut disarankan bagi pelaku diet mediterania. (Sajian Sedap)

Orang yang diet mediterania disarankan mengonsumsi makanan sehat seperti bubur havermut, susu, dan telur. Supaya lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan kacang, daging ikan, dan buah-buahan segar seperti nanas, stroberi, atau apel.

Konsumsi Camilan Sehat

Hasil gambar untuk buah buahan dalam piring

Camilan sehat berupa buah-buahan. (Thewallpapers)

Saat menjalani diet mediterania, kamu sebaiknya menghindari camilan nggak sehat. Kendati begitu, kamu tetap bisa memakan camilan dari bahan alami seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

Makan Siang Sehat

Hasil gambar untuk salad

Konsumsi salad saat siang hari. (Dietdoctor)

Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat sebagaimana saat sarapan pagi. Namun, saat siang hari kamu juga disarankan mengonsumsi sayuran rebus, kentang, salad, atau bahkan minyak zaitun.

Makan Malam Sehat

Hasil gambar untuk uống 1 ly sữa ấm

Minum susu skim saat malam sangat dianjurkan. (DB Videos)

Makan malam sebaiknya dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dan meminum susu skim.

Makan secara Pelan

Hasil gambar untuk man eating healthy food

Memakan secara perlahan. (Humenonline)

Saat makan, pastikan pelan-pelan agar makanan bisa benar-benar dikunyah dengan baik. Hal ini akan membantu pencernaan bekerja dengan lebih efektif dalam menyerap nutrisi makanan yang sehat.

Hm, lumayan gampang ya, Millens. Kendati diet, kamu masih bisa makan dan minum yang enak. Nggak heran kalau diet ini didapuk sebagai diet yang paling baik. (IB09/E04)