Yang Boleh dan Tidak Saat Menjalani Diet Paleo

Yang Boleh dan Tidak Saat Menjalani Diet Paleo
Sejumlah makanan yang dianjurkan dikonsumsi pelaku diet paleo. (Helathline)

Diet paleo merupakan satu di antara pola diet yang digemari masyarakat. Apa sih yang boleh dan nggak boleh saat menjalani pola diet ini?

Inibaru – Selain olahraga, sejumlah orang memilih menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Dari sekian banyak pola diet yang ada, diet paleo adalah salah satu yang paling digemari masyarakat. Diet ini juga dijalani sederet artis terkenal seperti bintang Hollywood Megan Fox.

Penulis buku The Paleo Diet Loren Cordain menyatakan, diet ini pada dasarnya mencontoh pola makan manusia purba. Orang yang menjalankan diet paleo lebih ditekankan untuk mengonsumsi lemak sehat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian contohnya kacang-kacangan, ikan, minyak kelapa, atau daging yang mengandung sedikit lemak.

Jenis-jenis bahan makanan itu juga diolah dengan cara-cara yang dilakukan manusia purba, Millens. Metode yang bisa kamu gunakan yakni ditumis, dibakar, atau dikukus.

Oh iya, pelaku diet paleo juga diminta untuk memperbanyak asupan protein serta menghindari konsumsi gula dan karbohidrat yang berlebihan. Dalam sehari, asupan gizi yang dianjurkan sebanyak 39 persen berasal dari lemak.

Jumlah ini memang relatif lebih banyak dari rekomendari para ahli yang menyarankan konsumsi lemak harian sebanyak 35 persen. Namun, sebuah penelitian di European Journal of Clinical Nutrition menemukan, orang-orang yang menjalani diet paleo secara signifikan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Para ahli mengklaim diet ini bisa meminimalkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Diet paleo juga disebut bisa mengontrol gula darah dan fungsi hormon insulin. Selain itu, diet tersebut juga bisa menurunkan kadar glikemik pada tubuh serta mampu menyeimbangkan kadar lemak jenuh dan tak jenuh seperti ditulis laman Halodoc (4/4/2018).

Kendati begitu, diet paleo masih pro kontra di kalangan ahli gizi. Beberapa ahli mengatakan diet ini cenderung membingungkan dan sulit dilakukan.

Kalau kamu tertarik buat menjalani diet paleo ini, coba konsultasi ke dokter dulu gih. Kamu perlu tahu kondisi gizimu sehinga benar-benar tepat melakukan diet yang tubuhmu butuhkan, Millens. Semangat diet! (IB24/E04)