Diet, antara Hidup Sehat dan Turunkan Berat

Diet sudah lama didengungkan sejumlah kalangan di tengah masyarakat. Namun, apa sih arti diet yang sebenarnya?

Diet, antara Hidup Sehat dan Turunkan Berat
Makanan sehat (Suksesimpian.blogspot.co.id)

Inibaru.id – Selama ini diet dianggap sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Mulai dari mengurangi porsi makan hingga meniadakan nasi pada menu makanannya diklaim mampu mengatasi masalah tersebut. Namun, ada yang beranggapan, diet semata-mata hanyalah menjalani pola hidup sehat.

Salah satu pelaku diet, Rahmaniar Ungsi mengatakan, diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

“Kalau menurut saya, diet itu memang sebuah cara untuk menurunkan berat badan menjadi ideal. Memang diperlukan usaha yang ekstra untuk diet. Salah satu caranya ya menjalankan pola hidup sehat. Namun, banyak orang yang justru bertindak ekstrem misalnya nggak makan rutin, padahal ya nggak begitu,” ungkap mahasiswa Universitas Diponegoro itu.

Senada dengan hal itu, pelaku diet lainnya Dinda Saputri mengungkapkan, mengatur pola makan itu diperlukan dalam berdiet.

“Menjaga pola makan yang sehat itu penting sih kalau pengin tubuh yang sehat dan ideal. Waktu saya diet juga begitu, harus atur pola makan," ujar perempuan yang pernah melakuan diet Obsessive Corbuzier Diet (OCD).

Pengertian diet yang tepat. (Monitor.co.id)

Sementara itu, salah seorang ahli gizi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Agustina Anggraeni mengungkapkan, diet bukanlah cara yang semata-mata digunakan untuk mengecilkan badan tapi cara pengaturan pola makan yang baik. Diet nggak melulu soal mengurangi porsi makan. Pada kasus tertentu, orang yang diet malah harus menambah porsi makan mereka. Lo kok?

"Diet itu pengaturan makan, bisa dari pola makan, jenis makanan, sampai porsi makanannya," jelas perempuan yag kerap disapa Reni ini.

Reni juga mengimbuhkan, pola diet itu beragam, bergantung dengan kondisinya.

“Untuk orang sehat, tentu berbeda dengan yang sakit. Setiap orang yang sakit juga berbeda pola dietnya,” ujar Reni.

Menurut Reni, sebelum memutuskan untuk berdiet, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Pertama,kamu harus menetapkan tujuan diet terlebih dahulu. Ada dua tujuan yang lumrah menjadi pilihan yakni menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran. Eits, jangan lupa untuk menentukan target ya!

Kedua, kamu bisa pilih pola diet yang sesuai dengan tujuanmu itu. Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa mencari referensi pola diet dari mana saja. Bila pengin lebih afdal, kamu juga bisa konsultasi dengan ahli gizi, lo.

Nah, setelah itu, kamu bisa mengevaluasi pola makan yang selama ini kamu terapkan. Hal yang perlu dievaluasi misalnya jumlah makanan per porsi, jenis makanan yang dikonsumsi, cara pengolahan makanan hingga aktivitas fisik dan olahraga yang kamu jalani. Lalu, sesuaikanlah dengan pola diet yang sudah kamu pilih.

Hal itu diperlukan untuk membuat meal plan. Jadwal makan itu membantumu untuk mengetahui apa saja yang harus ditambahkan dan apa pula yang harus dikurangi. Perhatikan indikatornya juga ya, misalnya berdat badan atau kadar lemak dalam tubuh.

Kalau sudah menemukan pola diet yang sesuai dan membuat meal plan, saatnya kamu untuk mengaplikasikannya, Millens. Jangan sampai pola diet dan jadwal makanmu hanya sekadar wacana. Sudah lelah mengatur semua itu malah jadinya "diet mulai besok" deh. Haha

Selamat berdiet Sobat Millens. Semoga sukses dengan dietnya ya! (Hayyina/E04)