Diduga Tipu Konsumen, Pola Hannien Tour Mirip First Travel

Belum kelar kasus agen travel First Travel, kasus dengan pola penipuan serupa kembali mendera masyarakat Indonesia. Kali ini pelakunya Hannien Tour. Nggak kurang dari 400 konsumen mengaku menjadi korbannya.

Diduga Tipu Konsumen, Pola Hannien Tour Mirip First Travel
Hannien Tour diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang konsumen. Tak kurang dari 400 nasabah melaporkan kasus penipuan ini. (Hannientoursolo.blogspot.com)

Inibaru.id - Masih ingat kasus penipuan calon jemaah umrah yang dilakukan First Travel kan, Millens? Banyak orang geram dengan kasus penipuan dan penggelapan yang berlangsung tahun lalu ini. Nah, pola penipuan serupa diduga juga kembali terjadi. Kali ini, agen travel Hannien Tour menjadi dalangnya.

Tribunnews.com, Selasa (2/1/2018), menulis bahwa Mabes Polri saat ini masih membuka kemungkinan untuk mengambil alih kasus ini. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, sudah banyak orang yang melaporkan kasus ini di Solo dan daerah-daerah lainnya.

Baca juga:
Ganjar Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi
Kenal Lebih Dekat dengan "Video on Demand"

“Kami belum pasti, tapi polanya mirip First Travel,” ungkap Setyo.

Polisi menetapkan dua tersangka untuk kasus dugaan penipuan dan penggelapan ini. Mereka adalah Direktur dan Bendahara Hannien Tour Solo, FR dan AV. Keduanya ditangkap di sebuah ruko di Bekasi setelah sempat buron selama empat bulan.

Untuk wilayah Eks Karesidenan Surakarta, setidaknya ada 400 orang yang menjadi korban. Adapun jumlah uang yang digelapkan mencapai Rp 8 miliar. Para korban mengaku, hingga saat ini belum ada kejelasan kapan mereka bakal berangkat ke umrah.

Baca juga:
Menanti Trikuel Supermoon di Akhir Januari
Masalah Baru Tiongkok: Sepeda Zombie

Turut berduka untuk para korban. Eh, itu pelakunya suka jalan-jalan ke luar negeri juga nggak ya, Millens(AW/GIL)