Dibuka April 2021, Prosedur Pendaftaran CPNS Bakal Diumumkan Maret Ini

Dibuka April 2021, Prosedur Pendaftaran CPNS Bakal Diumumkan Maret Ini
Pendaftaran tes CPNS bakal dibuka pada April 2021. (MediaIndonesia)

Pendaftaran CPNS akan dibuka April 2021. Hal ini tentu dinanti-nanti banyak pencari kerja. Nah, sebelum mendaftar, pahami dulu yuk berkas apa saja yang harus disiapkan.

Inibaru.id - Buat yang sudah nggak sabar menanti kabar perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tenang saja. Waktunya akan segera tiba kok. Pasalnya, pendaftaran CPNS ini akan dibuka pada April 2021. Nah, untuk kapan dan bagaimana prosedur pendaftarannya, akan segera diumumkan pada bulan Maret 2021 ini.

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Andi Rahadian, pihaknya bersama kementerian/lembaga terkait masih dalam tahapan validasi proses penerimaan CPNS/PPPK Kementerian Pusat atau Daerah tahun 2021.

  “Untuk informasi lebih lanjut akan disampaikan pada Maret 2021,” jelasnya, Minggu (28/2/2021).

Nah, untuk kuota kebutuhan ASN pada rekrutmen tahun ini, ternyata cukup banyak Millens, yakni sekitar 1,3 juta orang. Total jumlah itu terdiri atas formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dokumen persyaratan perekrutan CPNS 2021 nggak beda dengan 2019. (InfoCPNS)
Dokumen persyaratan perekrutan CPNS 2021 nggak beda dengan 2019. (InfoCPNS)

Andi menambahkan jika saat ini yang telah dipastikan adalah perekrutan 1 juta guru dengan skema PPPK. Separuh dari jumlah itu telah diusulkan oleh pemerintah-pemerintah daerah di Tanah Air.

 “Terdapat usulan formasi sekitar 500.000 yang tersebar lebih dari 420 pemprov/pemkab/pemkot di Indonesia yang merupakan jumlah sementara dari angka kebutuhan satu juta tenaga guru,” ujarnya.

Diperbanyaknya jumlah rekrutan guru itu tentu punya tujuan khusus, yakni demi menambah jumlah guru sekaligus pemerataan distribusi guru berkualitas di daerah. Selain itu, perekrutan ini juga ditujukan demi memberikan kesempatan kepada para guru honorer mendapatkan penghidupan yang lebih baik. 

“Baik itu tenaga honorer kategori 2 (K2) maupun non-kategori untuk tetap dapat mengabdikan diri sebagai pengajar dengan memperoleh perlindungan pekerjaan, kompensasi, serta kesejahteraan yang lebih baik,” pungkasnya.

Nah, terkait dengan prosedur pendaftaran, ada sejumlah dokumen yang perlu disiapkan sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar CPNS. Syaratnya nggak jauh beda dengan pendaftaran CPNS 2019 kok. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1.     Akta Kelahiran.

2.     KTP.

3.     Ijazah dan transkrip nilai.

4.     Kartu Keluarga (KK).

5.     Pas foto ukuran 4X6.

6.     Swafoto.

Gimana Millens, apakah kamu juga bersiap untuk menyambut pendaftaran CPNS? Siapkan semua persyaratan itu dulu, ya, Millens? (Tri/IB28/E07)