Dianjurkan untuk Penyintas Covid-19, 5 Makanan Ini Bikin Sehat Paru-Paru

Dianjurkan untuk Penyintas Covid-19, 5 Makanan Ini Bikin Sehat Paru-Paru
Beberapa makanan ini dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Paru-paru dan saluran pernapasan merupakan organ vital. Karena itu, menjaganya tetap sehat adalah satu keharusan. Beberapa makanan ini bisa kamu konsumsi untuk menjaga paru tetap sehat. Eh, baik juga lo untuk penyintas Covid-19 yang sempat alami gangguan pernapasan.

Inibaru.id – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan adalah melalui makanan bernutrisi.

Mengingat paru-paru adalah organ vital, maka jangan abaikan kesehatannya ya. Kalau organ yang satu ini sehat, tentu risiko masalah pernapasan seperti sesak napas, asma, hingga radang paru-paru bisa lebih kecil. Cara menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan menjaga kualitas hidup. Untuk itu, sebaiknya kamu nggak merokok, menjaga kualitas udara di rumah dan menghindari paparan polusi udara yang berlebihan.

Selain itu, asupan makanan bergizi biar paru-paru sehat juga nggak boleh dilewatkan. Nah, beberapa makanan tinggi nutrisi berikut ini mampu membuat paru-paru sehat sehingga mampu bekerja maksimal. Makanan berikut ini juga sangat dianjurkan untuk penyitas Covid-19 yang masih alami gangguan pernafasan, lo.

Apa saja makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru ini?

1. Labu

Labu mengandung antioksidan. (Freepik via Bola)
Labu mengandung antioksidan. (Freepik via Bola)

Kerap dijadikan olahan sup ataupun kolak, labu mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sebut saja karotenoid, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan ini dikenal dengan sifat anti-inflamasi sehingga meredakan peradangan.

Melansir Healthline (27/8) sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar karotenoid yang tinggi dalam darah berkaitan dengan fungsi paru-paru. Intinya, semakin tinggi kadar karotenoid maka semakin baik kesehatan paru-paru. Hal ini berlaku bagi semua kalangan usia.

2. Edamame

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada 618 orang dewasa menemukan bukti bahwa orang dengan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) memiliki asupan isoflavon makanan yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan kelompok yang sehat. Isoflavon juga berperan mengurangi gejala asma seperti sesak napas.

3. Cabai Rawit

Capcaisin dalam cabai rawit dapat membantu membersihkan saluran pernapasan. (Freepik via Popmama)
Capcaisin dalam cabai rawit dapat membantu membersihkan saluran pernapasan. (Freepik via Popmama)

Siapa yang suka makan makanan pedas? Ternyata cabai rawit juga masuk dalam kelompok makanan yang ampuh menjaga kesehatan paru-paru, lo.

Capsaicin, zat di dalam cabai rawit membantu tubuh merangsang sekresi serta melindungi selaput lendir dari saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Ketika kamu makan cabai, saluran pernapasan akan mengeluarkan lendir yang berfungsi membersihkan dan melegakan saluran pernapasan.

4. Minyak zaitun

Sudah lama minyak zaitun dikenal dengan segudang manfaatnya, di antaranya meredakan asma. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun secara keseluruhan membantu menjaga kesehatan tubuh,  Millens.

Minyak zaitun mengandung polifenol dan vitamin E yang bertanggung jawab pada kesehatan organ vital dalam tubuh manusia termasuk jantung, paru hingga hati.

Bahkan, orang yang memiliki asupan minyak zaitun yang tinggi memiliki risiko asma yang lebih rendah. Mantap kan? Untuk mengonsumsi minyak zaitun, kamu bisa menjadikannya dressing salad atau menggunakannya untuk menumis sayuran.

5. Kunyit

Kurkumin yang terdapat dalam kunyit dapat mendukung fungsi paru. (Freepik)
Kurkumin yang terdapat dalam kunyit dapat mendukung fungsi paru. (Freepik)

Herbal yang satu ini memang nggak perlu diragukan lagi khasiatnya. Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, tapi kunyit juga mampu menjaga sistem pernapasan.

Kurkumin yang ada di dalam kunyit disinyalir sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru. Bahkan, kunyit dapat membantu membersihkan paru-paru perokok aktif secara maksimal. Namun bahan ini harus dikonsumsi secara konsisten biar hasilnya maksimal.

Jadi, gimana mau cobain yang mana buat menjaga kesehatan paru-paru, Millens? (Det/IB21/E07)