Dianggap Sudah Punah, Hewan Ini Ditemukan Lagi!

Dianggap Sudah Punah, Hewan Ini Ditemukan Lagi!
Burung Takahe. (nzbirdsonline.org.nz)

Beberapa hewan telah dianggap punah hingga bertahun-tahun lamanya namun kemudian ditemukan kembali di alam liar. Apa sajakah hewan-hewan tersebut?

Inibaru.id – Kamu tentu pernah mendengar kisah sedih tentang punahnya beberapa hewan tertentu. Hanya saja, terkadang ada beberapa hewan yang dianggap sudah punah karena nggak pernah lagi ditemukan di alam liar dalam waktu yang lama ternyata ditemukan kembali dalam kondisi masih hidup.

IDNTimes (3/8/2017) menulis ada beberapa hewan yang ditemukan hidup lagi meski sebelumnya dianggap sudah punah. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Burung Takahe

Takahe. (mnn.com)

Meski masuk dalam spesies burung, burung takahe nggak bisa terbang. Sempat dianggap punah, pada 1948 silam burung ini kembali ditemukan. Hanya saja, saat ini burung takahe hanya tinggal 225 ekor saja sehingga dianggap sebagai salah satu burung paling langka di dunia. Pemerintah Selandia Baru pun menjadikannya spesies yang dilindungi demi mencegah kepunahannya.

  1. Tree Lobster

Tree lobster. (nationalgeographic.com.au)

Meski namanya lobster, hewan ini nggak hidup di air, melainkan di pohon sebagaimana serangga pada umumnya. Selama 70 tahun hewan ini dianggap sudah punah, namun kembali ditemukan pada 2001 silam. Hanya saja, spesies Tree Lobster hanya tersisa 30 ekor saja di Ball’s Pyramid, Australia.

  1.  Kuda Caspian

Caspian horse. (phys.org)

Caspian Horse atau kuda Caspian dianggap sudah punah sejak 1.000 tahun yang lalu. Hanya saja, kuda ini kembali ditemukan dan kini mulai dikembangbiakkan kembali sejak 1965. Kini, ada sekitar 900 kuda yang dikenal sebagai peliharaan keluarga kerajaan Persia kuno ini di seluruh dunia.

  1. Giant Palouse

Giant Palouse. (alchetron.com)

Cacing tanah raksasa ini terakhir kali ditemukan pada 1980-an silam. Hanya saja, pada 2005 cacing ini ditemukan kembali di negara bagian Washington dan Idaho, Amerika Serikat. Cacing ini bisa memiliki panjang mencapai 1 meter. Banyak orang menduga cacing ini adalah inspirasi dari Cacing Besar Alaska yang ada di serial kartun Spongebob Squarepants.

  1. Cuban Solenodon

Cuban Solenodon. (itsnature.org)

Hewan berukuran mungil ini hanya bisa ditemukan di Kuba, negara di Kepulauan Karibia. Sejak tahun 1890an, Cuban Solenodon nggak pernah terlihat lagi batang hidungnya, namun pada 2003 silam, hewan ini kembali ditemukan.

Selain hewan-hewan di atas, lebah raksasa Wallace yang sudah dianggap punah 40 tahun yang lalu ditemukan di Maluku pada Januari 2019.

Selalu jaga kelestarian alam ya Millens biar hewan-hewan yang ada di Indonesia juga nggak punah. (IB09/E05)