Diabetes, Zumi Zola Dikabarkan Kesulitan Melihat dan Kesehatan Menurun

Diabetes, Zumi Zola Dikabarkan Kesulitan Melihat dan Kesehatan Menurun
Zumi Zola dikabarkan kesulitan melihat. (Tempo)

Dikabarkan diabetes hingga kesulitan melihat, Zumi Zola ternyata sudah menderita penyakit ini selama 13 tahun. Selain itu, beberapa pihak juga mengaitkan kambuhnya penyakit tersebut dengan perceraiannya.

Inibaru.id – Kesehatan Zumi Zola dikabarkan menurun usai bercerai dari istrinya Sherrin Tharia. Zumi yang kini masih menjalani masa tahanan tersebut ternyata sudah lama menderita penyakit diabetes dan kembali kambuh saat menjalani hukuman.

Terkait penyakitnya ini, mantan pengacaranya, Handika Honggowongso, menegaskan bahwa Zumi Zola sudah menderita diabetes sejak lama.

"Pada saat kami dampingi, itu dicek dulu nih sama dokter Lapas Sukamiskin. Waktu itu diperiksa dan memang dipastikan bahwa Mas Zumi itu menderita penyakit diabetes," ungkapnya.

Zumi Zola dengan rompi oranye. (Tribunnewswiki)
Zumi Zola dengan rompi oranye. (Tribunnewswiki)

Mantan Gubernur Jambi tersebut memang telah menderita diabetes sejak 2007, semasa menjalani pendidikan S2 di Inggris. Akibat penyakitnya ini, Zumi Zola kini dikabarkan kesulitan untuk melihat. Dia juga sering meminta pada petugas untuk diperbolehkan berobat.

Sebagai informasi, lelaki kelahiran 1980 itu mendekam di penjara atas kasus gratifikasi dan suap pengesahan APBD Provinsi Jambi 2017-2018. Zumi Zola divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor Jakarta pada 2018 lalu dan harus menjalani enam tahun penjara serta denda Rp 500 juta subsider tiga bulan penjara.

Muhammad Farizi, pengacaranya saat ini, mengatakan bahwa hanya kesehatan matanya saja yang terdampak diabetes. Sementara, berat badan Zumi Zola terlihat stabil, bahkan condong mengalami kenaikan.

Digugat cerai oleh istrinya sejak Maret 2020 lalu. (Tribunnews)
Digugat cerai oleh istrinya sejak Maret 2020 lalu. (Tribunnews)

Zumi Zola telah digugat cerai oleh istrinya, Sherrin Tharia, pada 26 Maret 2020 lalu. Perceraiannya disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap Sherrin selama menjalani tahanan.

Meski begitu, Zumi Zola nggak keberatan digugat cerai oleh perempuan yang telah jadi istrinya sejak 2012 lalu. Kini kedua anaknya diasuh oleh istrinya.

Semoga kesehatan Zumi Zola segera membaik ya, Millens! (Int/IB27/E03)