Di Tengah Pendemi Corona, Memasak di Rumah Bisa Menjadi Terapi, lo

Di Tengah Pendemi Corona, Memasak di Rumah Bisa Menjadi Terapi, lo
Ilustrasi memasak. (Sahabatnestle)

Salah satu cara untuk mengatasi kebosanan di rumah adalah dengan memasak. Selain bisa menghasilkan makanan enak dan mengenyangkan, memasak ternyata juga bisa menjadi terapi, lo. Berikut penjelasannya.

Inibaru.id - Virus corona telah menjadi wabah yang meresahkan dunia. Pemerintah Indonesia bahkan sampai mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah aja. Masalahnya adalah berada di dalam rumah hingga waktu yang lama bisa sangat membosankan.

Nggak hanya bekerja atau bercengkerama dengan keluarga, banyak orang yang menggunakan waktu luang saat di rumah aja dengan memasak. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pencarian terkait dengan cara membuat kue atau makanan lainnya di Google. Bahkan, banyak toko, termasuk toko daring yang mengalami peningkatan pembelian bahan-bahan makanan seperti tepung dan gula.

Nggak disangka, aktivitas ini ternyata banyak manfaatnya, lo. Pakar kesehatan bahkan menyebut memasak bisa dijadikan terapi.

Ilustrasi memasak bersama keluarga. (Shutterstock)
Ilustrasi memasak bersama keluarga. (Shutterstock)

Peneliti dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menyebut kebiasaan memasak atau membuat kue bisa menjadi terapi berjenis behavioral activation. Terapi ini bisa menurunkan depresi dan masalah kesepian. Selain itu, memasak juga dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kesehatan mental dengan signifikan.

Memasak juga bisa mengusir rasa bosan saat berada di rumah aja dalam waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat kita lebih bersemangat untuk menjalankan imbauan pemerintah untuk melakukan aktivitas di rumah demi mencegah penularan covid-19.

Selain itu, jika kita memasak bersama dengan anggota keluarga lainnya seperti pasangan, anak, atau saudara, tentu akan menjadi kegiatan yang lebih seru alih-alih hanya rebahan atau menonton televisi seharian.

Jika kamu tinggal di rumah atau kos dengan fasilitas dapur yang memadai, bisa berkreasi sendiri untuk memenuhi kebutuhan perutmu. Nggak perlu repot-repot membuat masakan yang sulit, kita bisa memulai makanan yang mudah terlebih dahulu. Jika bingung mau masak apa, cobalah untuk mencari resep atau rekomendasi di Google. Kamu juga bisa mencari video tips memasak di berbagai media seperti Youtube.

Jadi, kapan kamu mulai masak nih, Millens? (Gri/IB24/E07)