Di Sini, Kamu Bisa Menemukan Banyak Orang Indonesia Asli Bermata Biru

Di Sini, Kamu Bisa Menemukan Banyak Orang Indonesia Asli Bermata Biru
Orang Indonesia bermata biru asli ternyata benar-benar ada, lo. (Twitter/rullaarul_03)

Nggak melulu karena memakai lensa kontak, ada lo orang Indonesia asli yang bermata biru. Dari mana saja ya mereka?

Inibaru.id – Orang Indonesia asli punya mata biru, nggak salah, nih? Memang, kita terbiasa melihat orang Indonesia dengan mata hitam atau cokelat gelap. Jika ada yang bermata biru atau warna-warna yang cerah lainnya, biasanya karena memakai lensa kontak. Hanya, kalau kamu main ke Siompu, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, bakal bisa menemukan orang-orang Indonesia asli bermata biru, lo!

Fakta unik ini ternyata baru terkuak pada 2016 lalu. Seorang peneliti yang sebelumnya meneliti banteng di Siompu, La Ode Yusrie, nggak menyangka bisa menemukan orang-orang dengan mata biru asli. Dia pun mengubah penelitiannya dan bertandang ke Desa Kaimbaluwa, Kecamatan Siompu Timur.

Saat itu, Yusrie bertemu dengan Dala, seorang laki-laki berprofesi guru bermata biru. Putrinya, Ariska Dala juga memiliki warna mata yang sama indahnya dengan sang ayah.

Gadis pemilik mata biru asli dari Indonesia. (Twitter/achietmokoginta)
Gadis pemilik mata biru asli dari Indonesia. (Twitter/achietmokoginta)

Dala ternyata tahu alasan mengapa ada warga Siompu yang bermata biru. Ternyata, mata biru miliknya dan putrinya diwarisi oleh Bangsa Portugis yang sempat singgah dan menguasai Siompu pada abad ke-16. Meski berkuasa, hubungan Bangsa Portugis dan masyarakat Siompu ternyata cukup harmonis. Banyak orang Portugis yang kemudian menikah dengan warga asli Siompu.

Salah seorang pimpinan bangsa Portugis bahkan menikahi Waindawula, keturunan La Laja yang merupakan bangsawan Wolio. Hasil dari pernikahan ini adalah lahirnya La Ode Ntaru Lakina Liya atau yang dikenal dengan Raja Liya yang berkuasa pada 1928 silam. Kabarnya, Raja Liya perawakannya lebih mirip orang Eropa alih-alih orang Siompu asli.

Salah seorang anak dengan mata biru dari Sulawesi Tenggara. (Kronologi.id)
Salah seorang anak dengan mata biru dari Sulawesi Tenggara. (Kronologi.id)

Nggak hanya perawakan, banyak keturunan dari bangsa Portugis yang ternyata tetap mewarisi mata biru atau rambut pirang di Siompu. Meski begitu, jumlahnya semakin sedikit karena banyak orang bermata biru yang merantau ke daerah lain seperti ke Pulau Tunda, Banten.

Di Desa Kaimbaluwa, hanya tinggal 10 orang dari 20 KK yang masih berwarna biru. Hanya, ada warga lain yang nggak bermata biru namun memiliki rambut pirang atau kulitnya putih seperti orang Eropa.

Selain warga Siompu, ternyata Suku Lingon di Halmahera, Maluku juga banyak yang bermata biru. Bahkan, warga Lamno Jaya di Aceh juga memiliki mata biru dan terkadang ada yang memiliki rambut pirang.

Nggak nyangka ya, Millens, ternyata ada keunikan ini di Indonesia. (Boo/IB09/E05)