Di Pulau Ini, Sepeda Motor yang Parkir Harus Ditinggal Kuncinya

Di Pulau Ini, Sepeda Motor yang Parkir Harus Ditinggal Kuncinya
Di Karimunjawa, sepeda motor harus ditinggal kuncinya. (Flickr/ Azwari Nugraha)

Sebuah pulau di Jawa Tengah dikenal sangat aman dan memiliki tingkat kriminalitas rendah. Saking amannya, di sana kalau ada sepeda motor parkir, kuncinya bisa ditinggal begitu saja di tempatnya. Wih!

Inibaru.id – Setiap kali kamu memarkirkan sepeda motor di suatu tempat, pastinya kuncinya bakal kamu ambil agar sepeda motor ini dicuri. Namun, di pulau yang ada di Jawa Tengah ini, kalau ada sepeda motor parkir, kuncinya harus ditinggal. Lo, nggak takut dicuri orang?

Pulau yang dimaksud adalah Karimunjawa. Yap, di kepulauan yang ada di Laut Jawa dan masuk wilayah Kabupaten Jepara ini, di manapun kamu memarkir sepeda motor. Di pinggir jalan, di dekat pantai, di masjid, di depan warung, atau di depan rumah, kuncinya ditinggal begitu saja di sepeda motor. Di sana, sepeda motor juga nggak bakal hilang, kok, Millens.

Per 2015 lalu, setidaknya ada 1.700 Kepala Keluarga (KK) di kepulauan yang dikenal memiliki potensi wisata luar biasa ini. Di sana, tingkat kriminalitas cenderung rendah sehingga warga pun cukup tenang meninggalkan sepeda motornya sembarangan asal nggak mengganggu orang lain.

Alasannya sebenarnya sederhana, Millens. Ukuran pulau di Karimunjawa nggak besar. Di sana, akses keluar pulau nggak mudah. Kapal penyeberangan nggak selalu setiap hari datang dan pergi.

Perahu nelayan juga belum tentu mau berlayar ke Pulau yang lebih besar seperti Pulau Jawa atau Kalimantan.

Karimunjawa cenderung jarang terjadi kasus kriminalitas. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Karimunjawa cenderung jarang terjadi kasus kriminalitas. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau sampai ada orang mau mencuri sepeda motor, mau nggak mau mereka harus memakai kapal penyeberangan atau perahu nelayan. Ribet, bukan? Nah, karena yang tinggal di sana juga nggak banyak, semua warga sudah paham satu sama lain soal siapa pemilik dari sebuah sepeda motor. Jadi, kalau sampai ada yang dicuri, dijamin bakal langsung ketahuan, deh.

“Orang kalau mau curi motor di sini terus mau dibawa ke mana?” ungkap Kapolda Jawa Tengah pada 2015 lalu, Irjen Pol Nur Ali, November 2015.

Omong-omong ya, dengan kapal penyeberangan, ada banyak wisatawan lokal yang datang langsung membawa sepeda motor dari Jawa untuk berkeliling di Karimunjawa.

Mereka pun banyak yang mengikuti aturan meninggalkan kunci sepeda motor begitu saja tatkala kendaraan ini diparkir. Hm, sensasinya pasti beda banget ya mengingat kalau di kota-kota besar, kendaraan sudah dikunci saja bisa dicuri.

Omong-omong, sudah pernah main ke Karimunjawa belum nih, Millens? (Det/IB09/E05)