Di Mana sih Kursi Paling Aman di Pesawat?

Di Mana sih Kursi Paling Aman di Pesawat?
Kursi mana yang paling aman? (Travelingyuk)

Beberapa penelitian menyebut, kursi bagian belakang pesawat paling aman ketimbang bagian tengah atau depan. Namun benarkah memilih kursi dapat mengurangi risiko buruk akibat kecelakaan pesawat?

Inibaru.id – Kecelakaan pesawat yang terjadi, mungkin membuat orang jadi lebih was-was memilih moda ini. Tapi, katanya ada lo kursi paling aman di pesawat menurut penelitian. 

Barangkali, kamu mau menggunakan hasil penelitian ini buat memilih kursi di pesawat nantinya. Lalu seat mana sih yang teraman?

Popular Mechanic, sebuah media asal AS menganalisis semua kecelakaan pesawat yang terjadi sejak 1971. Hasilnya, penumpang yang duduk di kursi belakang pesawat punya peluang 69 persen untuk selamat. Sedangkan yang duduk di bagian tengah punya peluang 56, dan bagian depan 49 persen untuk selamat.

Ilustrasi penumpang di pesawat. (Google)
Ilustrasi penumpang di pesawat. (Google)

Namun, penelitian yang dilakukan oleh TIME selama 35 tahun menunjukkan hasil berbeda. Melalui Federal Aviation Administration's CSTRG Aircraft Accident Database, mereka mempelajari dari kecelakaan dan korban jiwa. Hasilnya menunjukkan penumpang yang duduk di bagian belakang pesawat memiliki tingkat kematian sebesar 32 persen.

Sedangkan potensi kematian penumpang yang duduk di seat tengah adalah sebesar 32 persen dan seat depan 38 persen. Namun begitu, menurut mereka lima baris posisi paling belakang punya risiko kematian terkecil yaitu sebesar 28 persen. Jadi, berdasarkan penelitian ini, bangku belakang merupakan kursi paling aman di pesawat.

Selain itu, penelitian dari Universitas Greenwich, London, pada 2007 lalu mengungkap penumpang yang berada di dekat pintu keluar memiliki kemungkinan bertahan hidup lebih besar.

Sedangkan analisis yang dilakukan oleh Galea pada 2011 setelah mewawancara 1.900-an korban kecelakaan pesawat yang selamat dan 100 kecelakaan pesawat menyimpulkan bahwa tempat duduk di bagian belakang pesawat dan di dekat lorong lebih aman.

Gimana jika sebenarnya nggak ada kursi yang benar-benar aman? (Thinkstock)
Gimana jika sebenarnya nggak ada kursi yang benar-benar aman? (Thinkstock)

Nggak Ada Kursi Aman

Namun terlepas dari semua riset yang pernah diterbitkan tersebut, Alison Duquettte, juru bicara Federal Aviation Administration,mengungkapkan bahwa kecelakaan dapat terjadi di mana saja. Nggak cuma di udara, pesawat juga dapat mengalami kecelakaan di landasan dan lain-lain.

Dia juga menambahkan bahwa nggak ada kursi pesawat yang benar-benar aman saat terjadi kecelakaan meskipun berbagai riset menyebutkan bagian belakang pesawat dinilai lebih aman.

Contohnya, saat ekor pesawat yang terkena benturan maka penumpang tengah dan depan tentu lebih aman dari pada mereka yang duduk di belakang. Meski begitu, bepergian dengan pesawat dinilai lebih aman daripada bepergian dengan mobil lo.

Nah kamu yang mau bepergian jauh, sudah mantap pilih seat terbaik di pesawat nanti? (Kum/IB27/E05)