Di Korea, Ada Cara Bertemu dengan Orang yang Sudah Meninggal, Kok Bisa?

Di Korea, Ada Cara Bertemu dengan Orang yang Sudah Meninggal, Kok Bisa?
Sebuah acara TV di Korea yang bisa membuat seseorang bertemu dengan orang yang sudah meninggal. (Dexecure.net)

Bagaiamana rasanya jika kita bisa bertemu dengan sesorang yang sudah meninggal? Nah, di Korea Selatan, sebuah stasiun TV bisa mengabulkan hal ini. Seperti apa ya caranya?

Inibaru.id - Pernah nggak terpikir kalau kamu bisa bertemu dengan orang yang sudah meninggal? Hal ini ternyata bisa benar-benar terjadi, lo. Salah satu statiun TV Korea pernah punya acara yang bisa mengabulkan hal yang sepertinya mustahil ini. Bagaimana caranya, ya?

Kalau kamu pikir hal ini terkait dengan hal mistis, kamu salah, Millens. Stasiun TV Korea ini membuat acara dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Jadi, sebenarnya orang yang sudah meninggal ini nggak benar-benar kembali atau bisa ditemui.

Kecanggihan Teknologi Bisa Menciptakan Karakter Orang yang Sudah Meninggal

Tim acara stasiun TV Korea ini mengumpulkan orang-orang yang bisa memvisualisasikan karakter orang yang sudah meninggal sekaligus momen-momen tertentu lewat VR (Virtual Reality). Contohlah, pada 2016 lalu, perempuan bernama Ji-Sung kehilangan anaknya Nayeon yang baru berusia 6 tahun karena leukemia. Nah, tim produksi pun berusaha "menciptakan" karakter Nayeon selama delapan bulan.

Animasi Nayeon, anak Ji-Sung yang sudah meninggal. (Hipwee)<br>
Animasi Nayeon, anak Ji-Sung yang sudah meninggal. (Hipwee)

Saat menciptakan sosok Nayeon, tim produksi menggunakan teknologi motion picture. Mereka pun menyewa artis cilik yang direkam gerakannya untuk menciptakan sosok virtual Nayeon.

Nggak hanya karakter, ada juga taman yang disiapkan sebagai tempat pertemuan Ji-Sung dengan karakter buah hatinya. Sebisa mungkin, karakter Nayeon dan taman ini dibuat senyata mungkin sehingga momen pertemuan ini bisa jadi semakin terasa.

Ji-Sung mengaku sangat terharu karena bisa bertemu kembali dengan Nayeon. Dia mengaku mimpinya seperti menjadi nyata. Terlebih saat melihat buah hatinya memanggil dan tersenyum kepadanya.

Apalagi, tim produksi juga mengondisikan pertemuan Ji-Sung dan Nayeon seakan-akan dalam acara ulang tahun Nayeon. Hal ini membuat Ji-Sung semakin bahagia.

Pertemuan Ji-Sung dan anaknya yang sudah meninggal, Nayeon. (Boombastis)<br>
Pertemuan Ji-Sung dan anaknya yang sudah meninggal, Nayeon. (Boombastis)

Memicu Kontroversi

Meski bisa memberikan kebahagiaan bagi banyak orang, termasuk Ji-Sung, acara ini ternyata juga memicu kontroversi dan protes dari sebagian warga Korea. Ada yang menyebut acara ini justru bisa mengguncang kejiwaan sang ibu. Padahal, ada banyak orang yang kesulitan untuk menata kembali hati dan kehidupannya usai ditinggal orang yang tersayang.

Kalau menurut kamu, apakah bertemu dengan orang yang sudah meninggal, meski lewat teknologi, adalah sesuatu yang baik atau justru buruk, nih, Millens? (Boo/IB28/E07)