Di Balik Self Blame, Ada Alasan yang Menyertainya

Di Balik <em>Self Blame</em>, Ada Alasan yang Menyertainya
Ilustrasi self-blame. (Mutualist Creative)

Self blame adalah suatu kondisi emosional saat seseorang menyalahkan diri sendiri karena sesuatu. Apa sih alasan seseorang sehingga berada dalam kondisi ini?

Inibaru.id – Menyalahkan diri sendiri karena nggak bisa mencapai atau melakukan sesuatu sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan sebagian orang. Kalimat-kalimat seperti “Bodohnya aku!”; “Kok salah terus sih, dasar aku!”; hingga "Payah sekali” nggak asing terdengar.

Kondisi yang biasa disebut self blame ini rupanya termasuk dalam kategori kekerasan emosional, lo. Sikap itu juga bisa menurunkan motivasi diri.

Self blame atau menyalahkan diri sendiri merupakan sebuah perasaan yang nggak puas atas kegagalan dan keputusasaan yang dialami. Perasaan ini kadang berakhir menjadi depresi. 

Kendati demikian, kondisi ini muncul pasti dengan alasan tertentu. Self-blame bisa terjadi ketika seseorang nggak berhasil mencapai sesuatu. Ekspetasi atau target pencapaian yang nggak terpenuhi biasanya akan membuat seseorang merasa payah dan akhirnya menyalahkan diri sendiri.

Ketidaksempurnaan baik fisik maupun mental juga menjadi alasan self-blame selanjutnya. Dalam hal ini, kamu membandingkan dirimu dengan orang lain yang lebih baik darimu pada suatu hal. Ungkapan, “Aku nggak sehebat orang itu,” juga merupakan self-blame yang malah membuat diri sendiri semakin terpuruk.

Perasaan semacam itu muncul karena seseorang nggak dapat menanamkan sisi kemanusiaan dengan bijak. Banyak yang bilang manusia adalah makhluk yang sempurna, tapi nggak berarti manusia nggak bisa melakukan kesalahan. Hal inilah yang harus dipikirkan dengan bijak setiap orang.

Dengan berpikiran semacam itu, perasaan menyalahkan diri sendiri lambat laun bisa diganti dengan rasa syukur atas pencapaiannya meski belum maksimal. Ingat, nggak ada manusia yang sempurna di dunia ini. So, jangan salahkan dirimu atas sesuatu yang gagal kamu lakukan ya, Millens. (IB07/E04)