Di Balik Hari Batik Nasional: Diklaim Malaysia sampai Dipatenkan UNESCO

Di Balik Hari Batik Nasional: Diklaim Malaysia sampai Dipatenkan UNESCO
Batik. (Semarangpedia)

Sejak sepuluh tahun lalu, 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Di balik penetapan tersebut, ada rangkaian cerita hingga akhirnya batik diakui dunia.

Inibaru.id – Setiap 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Pada tanggal tersebut masyarakat biasanya akan mengenakan batik ke mana pun hendak pergi seperti ke kantor, ke sekolah, ataupun ke kampus.

Penetapan Hari Batik Nasional ini nggak terlepas dari pengakuan United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) yang menyatakan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia pada 2009 silam. Badan PBB ini menyebut batik masuk dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia.

Kendati diperingati setiap 2 Oktober, tanggal yang tercantum dalam sertifikat yang dikeluarkan UNESCO adalah 30 September 2009. Hal ini karena keputusan tersebut dikeluarkan saat Sidang Keempat Komite Antarpemerintah terkait dengan warisan dunia di Abu Dhabi yang berlangsung dari 30 September hingga 2 Oktober 2009. Namun, pemerintah Indonesia memilih untuk memperingati Hari Batik Nasional sesuai dengan tanggal terakhir sidang tersebut berlangsung.

Perjuangan Indonesia untuk mematenkan batik di UNESCO diawali pada kasus saling klaim batik antara warisan budaya Indonesia dan Malaysia. Saat itu, negara tetangga Malaysia cukup sering mengklaim beberapa budaya milik Indonesia sebagai milik mereka. Nggak ketinggalan batik yang sebenarnya sudah sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Tanah Air turut diklaim negeri Jiran.

Melihat hal itu, pemerintah Indonesia nggak tinggal diam. Pemerintah langsung berusaha untuk mematenkan batik di kancah internasional yang kemudian dibuntuti dengan pengakuan UNESCO.

Nggak hanya dijadikan Hari Batik Nasional, 2 Oktober juga diadikan Hari Batik Internasional, lo. Ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Club Yummy Mommy (CYM) memperingati Hari Batik Internasional di Hotel Eastin Kuala Lumpur, Selasa (1/10/2019) seperti diberitakan laman Antaranews, Selasa (1/10).

Selamat Hari Batik, Millens. Hayo, sudah pakai batik kan hari ini? (IB09/E04)