Inilah Grand Master Baru Kita: Dewi Ardhiani Anastasia Citra

GM adalah gelar tertinggi yang bisa diraih seorang pecatur, dan Dewi Ardhiani baru saja meraihnya.

Inilah Grand Master Baru Kita: Dewi Ardhiani Anastasia Citra
Dewi Ardhiani Anastasia Citra berhasil menjuarai turnamen internasional "IM Round robin Third Saturday 54" di Novi Sad, Serbia, dan berhak atas gelar Grand Master untuk seumur hidup (KBRI Beograd/yus4)

Inibaru.id – Atlet Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di kompetisi catur dunia. Pecatur Indonesia Dewi Ardhiani Anastasia Citra berhasil menyabet gelar Woman Grand Master di turnamen catur internasional yang dilangsungkan di Serbia.

Dilansir dari Antaranews, Minggu (19/11/2017), Dewi resmi menyandang gelar GM (grand master) di depan namanya seusai mengalahkan GM dari Federasi Catur Dunia, Fide, Popchev Milko pada turnamen internasional "IM Round robin Third Saturday 54" di Novi Sad, Serbia.

Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Beograd Mutiara Angun mengatakan, turnamen yang berlangsung pada 12-18 November itu diikuti 10 atlet dari enam negara termasuk dari Fide. Ia ikut mendampingi Dewi yang turut serta dalam turnamen tersebut.

Baca juga:
Nonton Dewi Sri Menanam Padi di Tanah Manusia Purba
Ketika Apem Ditanam di Tanah Sawah

Dalam turnamen catur itu, Pensoabud KBRI Serbia Habadi Soewedo pada Minggu (19/11/2017) menungkapkan, atlet catur Indonesia lainnya, Sean Winshand Cuhendi, juga turut serta dalam turnamen GM Round robin Memorial Milje Vujovica yang diikuti 10 atlet dari tujuh negara.

Duta Besar RI untuk Serbia serta Montenegro Harry RJ Kandou menyatakan, KBRI senantiasa memberikan dukungan dalam berbagai upaya memajukan olahraga Indonesia, termasuk memberikan pendampingan dalam kompetisi catur Internasional ini.

Harry mengungkapkan, keberhasilan atlet catur itu menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki potensi yang begitu besar di bidang olahraga. Ia berharap, keberhasilan pecatur Indonesia ini bakal kian mendorong semangat dan sikap optimistis seluruh pihak untuk mendukung atlet Indonesia.

GM adalah gelar tertinggi yang bisa dicapai seorang pecatur. Gelar seumur hidup ini diberikan organisasi catur internasional, Federation Internationale des echecs (Fide) saat seorang pecatur berhasil menjuarai kejuaraan internasional dan menjadi juara dunia. (OS/SA)