Deretan Makanan 'Mood Booster' Jangka Panjang

Deretan Makanan 'Mood Booster' Jangka Panjang
Mau mood baikmu bertahan lebih lama? Konsumsi saja makanan-makanan ini. (Shutterstock via Suara)

Salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati adalah mengonsumsi makanan. Nah, beberapa makanan seperti buah, telur, minyak zaitun, dan cokelat bisa menjadi pilihanmu. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, mood baikmu bakal lebih tahan lama.

Inibaru.id – Ada kalanya, kita mengalami kondisi nggak mood alias lagi nggak happy. Kondisi ini bikin kita mudah merasa kesal.

Nah, kalau kamu sedang merasa nggak mood, ada lo makanan sehat yang bisa membuat seseorang bahagia karena membangkitkan mood baik.

Kata Psikiater Ahli Saraf Klinis Daniel Amen, salah satu dari tujuh rahasia ilmu saraf untuk kebahagiaan ialah menikmati makanan dan minuman yang akan membuat kamu merasa lebih baik.

"Tidak hanya pada saat ini tetapi untuk jangka panjang," katanya seperti dikutip dari laman Times of India.

Selanjutnya, para ahli mengungkapkan bahwa makanan yang menenangkan seperti pizza dan es krim hanya memberimu kebahagiaan sesaat. Karena itu, alangkah baiknya jika kamu menjatuhkan pilihan pada makanan yang benar-benar mengandung nutrisi pemicu kebahagiaan kimiawi dan hormon tubuh. Dengan begitu, kebahagiaanmu bisa berlangsung lebih panjang.

Secara ilmiah makanan organik yang dikonsumsi, dipercaya bisa menangani mekanisme tubuh manusia dengan cara meningkatkan kesehatan. Kira-kira makanan apa saja ya yang bisa jadi mood booster jangka panjang ini?

Buah-buahan

Beri (organik) merupakan mood booster yang baik. (Pixabay)
Beri (organik) merupakan mood booster yang baik. (Pixabay)

Buah-buahan dan beri berwarna-warni (organik) mempunyai dampak signifikan pada tubuh. Makanan ini sangat kaya antioksidan, dan penting bagi kesehatan manusia.

Kamu bisa memilih buah-buahan, beri, serta sayuran yang bersifat musiman organik. Pastikan memilih yang nggak mengandung pestisida dan obat penumbuh tanaman lainnya.

Minyak sehat

Minyak kerap dituding sebagai penyebab kesehatan seseorang memburuk. Karena itu, banyak saran yang sering kita jumpai untuk nggak mengkonsumsi minyak demi menjaga kesehatan jantung.

Tapi, bertentangan dengan semua kepercayaan ini, Dr Amin justru menyarankan untuk mengonsumsi minyak yang sehat seperti minyak zaitun. Minyak zaitun diketahui kaya antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan mineral aslinya nggak rusak melalui proses pemurnian yang tinggi.

Telur

Selain tinggi protein, telur dianggap sebagai makanan yang bisa meningkatkan mood. Para ahli mengatakan, telur kaya dengan kolin yang membantu menghasilkan neurotransmiter. Disebutkan, zat ini dapat meningkatkan suasana hati.

Sesuai dengan laporan salah satu studi, telur bisa memberikan kamu B-12, folat, protein, dan lemak sehat. Semua itu sangat penting bagi fungsi otak.

Cokelat hitam

Sudah pasti kamu nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Yap, cokelat merupakan makanan yang bisa meningkatkan mood baik. Kandungan gula dalam cokelat hitam bisa meningkatkan suasana hati yang menghasilkan hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin ini dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

Gula dalam cokelat juga memfasilitasi pelepasan insulin yang menghasilkan bahan kimia rasa baik atau dikenal sebagai endorfin. Endorfin ini diketahui dapat menginduksi jenis perasaan euforia pada manusia.

Dari keempat makanan di atas, mana nih yang jadi mood booster favoritmu, Millens? (Oke/IB21/E07)