Senarai Official Song Asian Games 2018

Senarai Official Song Asian Games 2018
Album "Energi Of Asia" persembahan untuk Asian Games 2018. (Youtube.com)

Mulai Via Vellen, Afgan, sampai DJ Flow turut menyumbangkan lagu untuk Asian Games 2018. Berikut daftarnya.

Inibaru.id - Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah Asian Games untuk kali kedua. Tentu semua upaya dilakukan untuk menyukseskan ajang empat tahunan itu. Salah satunya yakni membuat lagu resmi (official song) yang meriah.

Dalam album Theme Song Asian Games 2018 yang bertajuk Energy of Asia itu terdapat 13 lagu yang dinyanyikan lebih dari 10 penyanyi. Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Commitee (INASGOC) Erick Thohir mengatakan, hal ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan musik dan musisi Indonesia ke kancah dunia seperti ditulis Viva.co.id, Jumat (13/7/2018).

"Kapan lagi kita bisa promosi musik Indonesia di dunia, apalagi orang Eropa, Amerika Serikat, dan Afrika bagian selatan bisa menonton Asian Games 2018," kata Erick setelah meluncurkan album Energy of Asia, Jumat (13/7).

Penasaran dengan lagu Asian Games 2018? Berikut kami ulas beberapa lagu resminya.

  1. Menaklukan Dunia (Once feat. Shakira)

Lagu "Menaklukan Dunia" - Once feat Shakira Jasmine. (Youtube.com)

Mantan penyanyi Dewa 19 Once berduet dengan mantan penyanyi cilik Shakira Jasmine pada lagu ini. Lagu ciptaan Rian D’Masiv itu memiliki durasi 3 menit lebih 31 detik. Lagu tersebut bercerita tentang cara menaklukkan dunia dengan bersatu menghimpun kekuatan.

Hal tersebut tercermin dalam beberapa liriknya seperti lirik satu ini.

Kadang aku harus menyatu dan juga harus saling melengkapi tuk menggapai semua mimpi menjadi yang terbaik, jangan pernah menyerah menaklukan dunia.

  1. (Non Political) Asian Dance (Slank feat. DJ Dipha Barus)

"Non Political Asian Dance" - Slank feat. DJ Dipha Barus. (Youtube.com)

Nggak mau ketinggalan, band legendaris Slank juga mempersembahkan lagu berjudul “Non Political, Asian Dance”. Lagu tersebut merupakan hasil kolaborari antara Slank dan DJ Dipha Barus. Dengan menampilkan video pop modern berdurasi 3 menit lebih 23 detik, lagu itu mengajak para atlet untuk bertanding dengan sportif dan bersahabat serta melupakan berbagai kepentingan politik.

  1. Janger Persahabatan (Nev Plus feat Ariel Noah dan Dalila)

"Janger Persahabatan" - grup NEV feat. Ariel Noal dan Dalila. (Youtube.com)

“Janger Persahabatan” adalah lagu yang dinyanyikan grup NEV Plus berkolaborasi dengan Ariel Noah dan Dalila. Nggak sembarangan, lagu  berdurasi empat menit itu diciptakan Guruh Soekarno Putra, lo. Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya yang berisi pesan menjunjung sportivitas, lagu ini justru mengajak masyarakat untuk bersatu di tengah-tengah keragaman budaya dan etnis.

  1. Cita Kita (GAC)

"Cita Kita" - GAC. (Youtube.com)

"Cita Kita" merupakan salah satu official song Asian Games 2018 yang dibawakan trio vokal Gamaliel, Audrey, Cantika. Lagu yang berdurasi 3 menit 54 detik itu menceritakan tentang rasa syukur dan semangat bersama meraih cita-cita. Hal itu terlihat dalam beberapa baris liriknya seperti berikut.

Syukur akan hadirmu, bersama kita tak terhenti. Pancarkan energi, ciptakan kisahmu. Cinta akan tunjukkan, cita kita baru.

  1. Asia’s Who We Are (Isyana Sarasvati)

"Asia's Who We Are" - Isyana Sarasvati. (Youtube.com)

Penyanyi cantik dan berbakat Isyana Sarasvati juga nggak mau ketinggalan menyemarakkan Asian Games 2018. Isyana menyumbang lagu berjudul “Asia’s Who We Are”. Lagu yang berdurasi 3 menit 16 detik itu memang terdengar seperti musik Disney. Namun, lagu berirama syahdu itu mengajak kamu untuk membangkitkan semangat serta menunjukkan siapa Indonesia atau Asia yang sebenarnya.

Selain kelima lagu tersebut, terdapat delapan lagu lagi yang masuk dalam album Energy of Asia. Lagu-lagu itu yakni "Meraih Bintang" (Via Vallen), "Dance Tonight" (Bunga Citra Lestari feat DJFlow), "Kemenangan" (Chakra Khan), "Indonesia Berpesta" (Anji), "Unbeatable" (DJFlow feat Dira Sugandi), "Bukan Anak Kemarin Sore" (Armada), "Be Alright" (Afgan), dan "Bright as The Sun" (Energy 18 - 18 Artis).

Salah satu lagu tersebut ada yang dinyanyikan 18 artis sekaligus, lo. Lagu itu yakni Bright as The Sun yang sudah dirilis sejak tahun lalu. Berbagai penyanyi dengan genre yang beragam menyanyikan lagu ini. Musisi itu di antaranya Afgan, Rizal Armada, Ikke Nurjannah, hingga Tantri Kotak.

Kalau begini ceritanya para atlet Asian Games lebih semangat bertanding dong. Wah, bagus! Semoga lagu-lagu tersebut dapat menggugah semangat para atlet maupun masyarakat Indonesia untuk bersatu mempersembahkan kemenangan untuk Indonesia ya. Yuk, dukung atlet-atlet Indonesia, Millens. (IB11/E04)