Deretan Film Asia yang Pernah Berjaya di Ajang Oscar

Deretan Film Asia yang Pernah Berjaya di Ajang Oscar
The Salesman salah satu film Asia yang bisa memenangkan Oscar. (Alamy)

Ada sejumlah film Asia yang pernah berjaya di penghargaan Oscar. Apa saja ya? Kita simak yuk.

Inibaru.id - Penghargaan film Oscar selalu identik dimenangkan film-film Eropa dan Amerika. Baru pada tahun 2020 ini film Korea Selatan besutan Bong Jon Hoo, yaitu Parasite sukses mengugurkan anggapan khalayak. Ya, untuk kali pertama dalam sejarah Oscar, film Asia Parasite berhasil menyabet piala Best Picture. Tak hanya Parasite, pada tahun-tahun sebelumnya, sejumlah film Asia pun pernah mendapat sejumlah penghargaan Oscar dengan berbagai kategori.

Rashomon (1950) – Jepang

Rashomon turut memperkenalkan film Jepang ke dunia. (Alamy)<br>
Rashomon turut memperkenalkan film Jepang ke dunia. (Alamy)

Rashomon meraih penghargaan Honorary Award sebagai film berbahasa asing terbaik dalam penghargaan Piala Oscar. Film garapan sutradara legendaris Jepang, Akira Kurosawa ini bercerita tentang beragam prespektif terhadap suatu peristiwa kriminal. Selain mendapat penghargaan, Rashomon juga punya peran memperkenalkan perfilman Jepang ke dunia.

Crouching Tiger Hidden Dragon (2000) – Taiwan

Film ini sukses meraih empat penghargaan, salah satunya Film Berbahasa Asing Terbaik. (Amazon)<br>
Film ini sukses meraih empat penghargaan, salah satunya Film Berbahasa Asing Terbaik. (Amazon)

Film Croching Tiger Hidden Dragon bercerita tentang pencurian pedang Green Destiny. Dari 10 nominasi, film karya Ang-Lee ini sukses memenangkan empat penghargaan, salah satunya Film Berbahasa Asing Terbaik.

Sprited Away (2001) – Jepang

Sampai sekarang Sprited Away dinilai sebagai film animasi terbaik yang pernah dibuat. (Alamy)<br>
Sampai sekarang Sprited Away dinilai sebagai film animasi terbaik yang pernah dibuat. (Alamy)

Hingga saat ini, film Sprited Away bahkan masih menjadi salah satu film animasi terbaik yang pernah dibuat. Film produksi Studio Ghibli ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Menceritakan seorang anak bersama kedua orang tuanya yang memasuki dunia gaib. Pada Oscar 2003, film ini sukses memboyong piala Oscar dengan kategori Film Animasi Terbaik.

Departures (2008) – Jepang

Fim Departures memang bercerita tentang kematian namun dikemas dengan menyentuh. (Alamy)<br>
Fim Departures memang bercerita tentang kematian namun dikemas dengan menyentuh. (Alamy)

Film ini meraih penghargaan Oscar 2009 sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Menceritakan seorang pemain cello yang mengalami kegagalan dan banting stir menjadi perias jenazah. Meskipun film yang awalnya berjudul Okuribito ini bertema kematian, namun dikemas dengan menyentuh.

A Separation (2011) - Iran

A Separation bercerita tentang pasangan yang bercerai. (CapitalPictures)<br>
A Separation bercerita tentang pasangan yang bercerai. (CapitalPictures)

Film A Separation bercerita tentang pasangan yang bercerai. Meski genrenya drama, film ini punya plot yang tegang dan intensitas tinggi. Nggak kalah dengan film thriller. Film besutan Asghar Farhadi ini masuk dalam dua nominasi dan memenangkan salah satunya sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik.

A Girl in The River: The Prince of Forgiveness (2015)- Paksitan
A Girl in The River mendapatkan Film Dokumenter Pendek Terbaik pada Oscar 2016. (BookAddicts)<br>
A Girl in The River mendapatkan Film Dokumenter Pendek Terbaik pada Oscar 2016. (BookAddicts)

Film berbahasa asing selanjutnya yang memenangkan Oscar adalah A Girl in The River: The Price of Forgiveness. Film ini memenangkan kategori Film Dokumenter Pendek Terbaik pada Oscar 2016. Ceritanya adalah tentang seorang gadis yang lolos dari percobaan pembunuhan oleh ayah dan pamannya sendiri.

The Salesman (2016) - Iran

The Salesman merupakan bikinan Asgar Farhadi. Sutradara yang juga menang Oscar lewat A Separation. (StockAdobe)<br>
The Salesman merupakan bikinan Asgar Farhadi. Sutradara yang juga menang Oscar lewat A Separation. (StockAdobe)

Asgar Farhadi kembali menorehkan catatan emas. Setelah pada 2011 menang lewat A Separation, pada 2016 dia kembali meraih Oscar dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik lewat film The Salesman. Cerita dari film ini adalah tentang seorang suami yang memburu seseorang yang secara nggak bertanggung jawab telah menyerang istrinya.

Dari uraian di atas membuktikan kalau sebenarnya film-film Asia juga mampu berjaya di kancah dunia ya, Millens. Jadi bukan nggak mungkin film-film Indonesia adalah yang selanjutnya untuk berjaya di Oscar. Kita tunggu saja. (IB28/E01)

Tags :