Deretan Buah Lokal Indonesia yang Dibenci Bule

Deretan Buah Lokal Indonesia yang Dibenci Bule
Durian, salah satu buah yang dibenci bule. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau menurut kita, buah-buahan ini lezat dan bahkan diburu jika sedang musimnya. Tapi, bagi bule, buah-buahan ini justru nggak mereka sukai. Berikut adalah daftar buah yang dibenci bule tersebut.

Inibaru.id – Salah satu keuntungan tinggal di negara tropis seperti Indonesia adalah melimpahnya buah-buahan yang lezat. Buah tropis khas Tanah Air juga dikenal tinggi nutrisi. Meski begitu, ternyata ada banyak lo buah yang dibenci bule saat mereka berkunjung ke sini.

Kamu tahu sendiri, kan, Millens, buah-buah lokal Indonesia punya rasa, aroma, atau bahkan bentuk yang unik. Nah, daripada semakin penasaran, yuk simak daftar buah-buahan yang nggak disukai bule.

1.       Durian

Durian dikenal sebagai rajanya buah. Hal ini disebabkan oleh kombinasi rasa dan aromanya yang mantap. Di sejumlah daerah, bahkan ada durian yang dijual dengan harga selangit karena daging buahnya yang tebal, rasanya yang enak, hingga aromanya yang aduhai.

Aroma dan rasa durian dianggap nggak enak oleh para bule. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Aroma dan rasa durian dianggap nggak enak oleh para bule. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski bagi masyarakat Indonesia, durian adalah buah istimewa dan ditunggu-tunggu musimnya, banyak orang asing yang ternyata benci dengan buah ini. Bagi mereka aroma durian yang sangat kuat bisa bikin sakit kepala. Bahkan, soal rasa, ada yang menganggapnya seperti kombinasi dari keju basi serta bawang.

Jadi, kalau ada bule ke sini, jangan sembarangan dikenalkan dengan durian, ya? Bisa jadi mereka nggak suka dan akhirnya nggak mau mencicipi buah-buah lokal lainnya.

2.       Salak

Salak. (Flickr/

Dennis Sylvester Hurd)
Salak. (Flickr/ Dennis Sylvester Hurd)

Tebak, apa sebutan salak bagi orang bule? Ada dua variasi sih, yakni snake fruit atau snake skin fruit. Intinya sih, buah ini dianggap memiliki kulit mirip dengan kulit ular yang bersisik. Banyak bule nggak suka dengan buah ini bukan karena rupa kulitnya yang mirip ular, melainkan karena kerasnya kulit tersebut dan terkadang bisa membuat kulit jari sakit saat membukanya.

Kalau soal rasa, salak sih enak dan manis, ya. Tapi, ada juga bule yang heran dengan daging buah salak yang cenderung keras.

3.       Nangka

Nangka. (Flickr/

Mike Fernwood)
Nangka. (Flickr/ Mike Fernwood)

Selain dimakan langsung, nangka juga bisa diolah jadi berbagai macam penganan lezat. Masalahnya, banyak bule yang nggak suka dengan buah dengan nama Inggris jack fruit ini.

Rasanya memang manis, namun ada yang menganggap aromanya seperti sedikit busuk. Selain ini, buah ini lengket dan ada banyak getahnya. Bagi banyak orang asing, hal ini terlihat menjijikkan, Millens.

4.       Srikaya

Srikaya. (Wikipedia/Kelly using CommonsHelper)
Srikaya. (Wikipedia/Kelly using CommonsHelper)

Kalau dilihat dari luar, srikaya memang nggak terlihat seperti buah yang menarik. Bentuk dan kulitnya cukup aneh. Namun, kalau sudah dibuka, rasanya memang manis dan enak. Sayangnya, banyak bule yang nggak suka dengan rasa, tekstur, serta aromanya yang memang cukup kuat.

5.       Kedondong

Kedondong. (Flickr/

Ton Rulkens)
Kedondong. (Flickr/ Ton Rulkens)

Kalau kedondong sih nggak disukai bule karena rasa asamnya. Meski dijadikan campuran rujak dan dicocol dengan sambal, tetap saja rasa asamnya masih terasa. Bule nggak suka dengan hal ini.

Dari daftar buah yang dibenci bule ini, ada yang juga kamu nggak suka, Millens? (Idn/IB09/E05)