Depresi Hingga Bipolar, Gangguan Mental yang Paling Banyak Diderita Orang

Depresi Hingga Bipolar, Gangguan Mental yang Paling Banyak Diderita Orang
Gangguan mental yang paling sering diidap orang. (Klikdokter)

Trauma masa kecil, tuntutan kerja atau sekolah yang tinggi, serta lingkugan yang nggak mendukung sangat bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan mental. Saat ini, lima jenis gangguan mental ini paling banyak dialami orang.

Inibaru.id - Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan. Jiwa dan raga mesti sama-sama sehat supaya bisa saling bersinergi dalam menjalankan aktivitas. Saking pentingnya kesehatan mental, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menetapkan 10 Oktober sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Dilansir dari laman Kompas Premium, Senin (7/10/2019) WHO menyatakan, 76-85 persen orang dengan gangguan mental berat di negara berpendapatan rendah dan menengah nggak mendapat penanganan yang seharusnya. Di negara berpendapatan tinggi pun angka pengidap gangguan mental masih tinggi yakni sebesar 35-50 persen.

Dari banyaknya jenis gangguan mental, lima jenis berikut yang paling banyak diderita orang.

Depresi

Depresi adalah gangguna mental yang paling sering ditemui. Gangguan ini umumnya lebih banyak diderita perempuan. Penyakit depresi ditandai dengan hilangnya minat atau rasa senang, muncul rasa sedih, rasa bersalah, rendah diri, sulit tidur, berubahnya pola makan, selalu merasa lelah, dan hilangnya konsentrasi.

Depresi dapat disebabkan banyak hal, antara lain perubahan jumlah serotonin di dalam otak, faktor genetik, hingga muncul karena sebuah peristiwa. Jika dibiarkan, depresi bisa mengakibatkan penderitanya berpikir untuk bunuh diri. Karena itulah, depresi perlu segera diobati melalui terapi dan pengobatan.

Gangguan Kecemasan

Penderita depresi memiliki kecenderungan menderita gangguan kecemasan juga, begitu pun sebaliknya. Gangguan kecemasan disebabkan banyak faktor, antara lain faktor genetik, zat kimia pada otak, dan dampak dari peristiwa yang dialami. Saat ini masih sedikit sekali penderita gangguan kecemasan yang melakukan pengobatan. Padahal, gangguan kecemasan bisa disembuhkan.

Bipolar

Bipolar adalah gangguan mental yang mengakibatkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati dengan ekstrem. Penderita bipolar akan menjadi pribadi yang mudah tersinggung, hiperaktif, merasa sedih, lemas, dan sulit tidur. Penyebab penyakit bipolar belum diketahui secara pasti. Namun faktor genetik, neurokimia, dan lingkungan berpengaruh besar pada penderita bipolar. Nggak perlu khawatir, gangguan ini dapat disembuhkan dengan pengobatan, kok.

Skizofrenia

Tokoh Arthur Fleck dalam film Joker yang diperankan Joaquin Phoenix juga mengidap skizofrenia. Gangguan mental ini tergolong parah. Penderita skizofrenia dapat mengalami delusi dan halusinasi sehingga mengganggu kegiatan bekerja, belajar, dan berinteraksi dengan orang lain. Kesadaran dan kepedulian terhadap penyakit mental yang rendah membuat penderita skizofrenia mengalami diskriminasi dan akhirnya tidak mendapatkan akses kesehatan dan dukungan dari lingkungannya.

Demensia

Demensia adalah penyakit yang memengaruhi cara berpikir dan berinteraksi penderitanya. Penderita demensia akan mengalami perubahan memori, kemampuan berpikir, berhitung, dan berbicara. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan demensia. Namun, terdapat perawatan paliatif yang bisa dilakukan penderita demensia untuk meringankan penyakitnya.

Gangguan mental bisa diderita siapa saja, Millens. Jadi, yuk lebih peka dengan kesehatan mentalmu! (MG28/E04)