Dentuman Misterius Kembali Terdengar di Jakarta, Begini Komentar BMKG

Dentuman Misterius Kembali Terdengar di Jakarta, Begini Komentar BMKG
Dentuman di Jakarta masih menjadi misteri dan membuat warga penasaran. (Pixabay/aocaohenmang)

Pada Minggu (20/9/2020) malam dan Senin (21/9) pagi ini, warga DKI Jakarta mendengar beberapa kali dentuman. Apa penyebabnya ya? Yuk simak penjelasan dari BMKG berikut ini.

Inibaru.id – Pada Minggu (20/9/2020) sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB, warga DKI, tepatnya di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mendengar dua kali dentuman. Dentuman ini membuat geger warganet hingga menjadi Trending Topic di Indonesia yang bertahan hingga Senin (21/9) pagi. Menurut sejumlah warganet, suara dentuman ini bahkan sampai membuat kaca jendela tempat tinggalnya bergetar.

Nggak hanya terjadi Minggu malam, Senin pagi ini juga ada sejumlah warganet melaporkan adanya dentuman. Hal ini diungkap oleh akun Instagram @jktinfo.

Senin (21/9) Sejumlah warga kembali menginformasikan bahwa mereka mendengar dua kali dentuman pada pagi hari ini. Belum diketahui secara pasti asal suara dentuman tersebut. Adakah yang mendengar?? #jktinfo,” tulis akun tersebut pada Senin (21/9) pagi.

BMKG menyebut nggak ada gempa yang terjadi saat dentuman terdengar. (Djuli Pamungkas)
BMKG menyebut nggak ada gempa yang terjadi saat dentuman terdengar. (Djuli Pamungkas)

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono angkat bicara terkait hal ini. Dia memastikan bahwa di Jakarta dan sekitarnya nggak terjadi gempa saat dentuman terdengar pada Minggu (20/9) malam. Hal ini dibuktikan oleh hasil pemantauan sensor gempa yang berlokasi di Citeko, Bogor, Pondok Aren, serta Tangerang Selatan.

“Meski begitu, pemantauan dengan lightning detector BMKG menunjukkan adanya aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak, Bogor di antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” ungkap Daryono di akun Twitter @DaryonoBMKG pada Minggu (20/9).

BMKG memilih untuk nggak berspekulasi dengan sumber suara dentuman misterius tersebut.

“Memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi pada rentang waktu yang sama saat dentuman terdengar,” lanjut Daryono.

FYI nih, Millens, warga DKI Jakarta yang mendengar dentuman ini berada di wilayah-wilayah seperti Tebet, Kalibata dan Pasar Minggu. Sejumlah warga di Pancoran dan Condet juga mendengarnya. Menurut warga, suara dentuman ini sangat berbeda dari suara gemuruh atau petir yang biasa muncul saat hujan.

Sebelumnya, dentuman juga beberapa kali terjadi di Jawa Barat dan Jawa Tengah beberapa saat lalu. Sebagaimana yang terjadi di DKI, dari mana dentuman ini berasal juga masih menjadi misteri.

Kalau menurut kamu, kira-kira apa penyebabnya, nih, Millens? (War/IB09/E05)