Denpasar Tempati Peringkat Ke-9 Kota Tersehat di Dunia

Denpasar Tempati Peringkat Ke-9 Kota Tersehat di Dunia
Ilustrasi keindahan wisata di Denpasar, Bali. (Bobandsuewilliams)

Baru-baru ini Denpasar, Bali tempati peringkat ke-9 sebagai kota tersehat di dunia. Denpasar bahkan lebih baik daripada tiga Washington DC, New York, dan Las Vegas di Amerika Serikat.

Inibaru.id - Situs layanan perjalanan Travel Supermarket baru-baru ini merilis daftar kota tersehat di dunia. Kota Denpasar, Bali masuk dalam peringkat sepuluh teratas dalam daftar tersebut. Ibukota Provinsi Bali itu menduduki peringkat ke-9 kota tersehat sedunia dengan perolehan poin sebanyak 24,69 poin.

Hasil itu cukup mencengangkan karena Denpasar mengalahkan sejumlah kota terkenal di dunia. Buenos Aires (Argentina), Copenhagen (Denmark), Milan (Italia), dan tiga kota besar di Amerika Serikat yakni Washington DC, New York, dan Las Vegas berada di bawah peringkat Denpasar. Sementara itu, Paris, Prancis menduduki peringkat pertama dalam kategori ini.

"Pengakuan healthiest cities memiliki nilai penting bagi Denpasar dan Bali secara menyeluruh. Sebab, hal ini menegaskan status Bali sebagai kota ternyaman," ujar Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani Mustafa.

Dilansir Kompas.com, Senin (14/1/2019), penilaian yang dilakukan Travel Supermarket didasarkan pada delapan aspek yakni spa, gym and fitness centres, yoga and pilate centres, health food shops, vegan option restaurants, parks (green space), average sunlight hours, dan cost of night stay.

Pihak Travel Supermarket kemudian mengumpulkan data dari TripAdvisor, Yelp, Euromonitor, dan World Weather and Climate.

"Data yang digunakan pasti memiliki kapabilitas tinggi. Menggambarkan kondisi riil dari kota-kota itu dan Denpasar ini memang memiliki fasilitas lengkap, sesuai dengan kebutuhan para wisatawan dunia," ujar Rizki.

Fasilitas-fasilitas yang dinilai memang mudah ditemukan di Denpasar. Masih berdasarkan laporan itu, lebih dari 118 spa terbaik ada di Denpasar, 9 fasilitas gym and fitness centres, dan 14 lokasi yoga and pillates centres yang berkualitas. Selain itu, juga ada 1.123 vegan option restaurants yang menyediakan empat taman terbuka hijau yang menyejukkan. Sementara tu, cost of night stay rata-rata dibanderol sekitar Rp 452 ribu per malam.

Selain Denpasar, Jakarta juga masuk ke dalam 50 besar kota tersehat di dunia versi Travel Supermaket. Namun, Ibukota Indonesia itu harus puas menduduki peringkat 25. Di Jakarta, kamu hanya bisa menemui 14 gym and fitness centres, 10 yoga and pillate centres, 179 spot vegan option restaurants, 14 taman dan ruang terbuka hijau, dan cost of night stay yang agak sedikit lebih mahal yakni sekitar Rp 724 ribu per malam.

Eits, nggak hanya kamu yang butuh sehat ya tapi lingkungan wisata juga harus sehat. So, jangan sampai sampahmu merusak keindahan tempat wisata yang kamu kunjungi ya, Millens. (IB07/E04)