Dengan Uang Rp 16 Ribu, Kamu Bisa Beli Rumah di Italia, lo!

Dengan Uang Rp 16 Ribu, Kamu Bisa Beli Rumah di Italia, lo!
Banyak rumah yang ada di desa di Italia ini dijual dengan harga Rp 16 ribu. (CNN/Tullio Pronesti)

Di sebuah desa di Italia, kamu ternyata bisa membeli rumah dengan harga satu Euro atau sekitar Rp 16 ribu, lo. Tertarik untuk beli di sana?

Inibaru.id Disaat seluruh penjuru Italia dihebohkan dengan kasus positif Covid-19. Ada sebuah desa di Italia yang justru nggak ditemukan kasus infeksi Covid-19, lo. Desa ini ada di wilayah Calabria yang merupkan salah satu lokasi dengan catatan infeksi virus corona terendah di Italia. 

Desa tersebut adalah Cinquefrondi. Beberapa saat lalu, pemerintah setempat mengaku mereka sudah "bebas Covid-19" saat wilayah lain di Italia masih kesulitan menanganinya. Menariknya, mereka mempergunakan popularitas desa mereka yang  bebas dari virus corona ini dengan berusaha menarik penduduk baru. Caranya dengan menjual rumah seharga satu Euro atau sekitar Rp 16.000 saja.

Hanya, di balik harga rumah yang sangat murah, ada syarat yang harus dipenuhi pembeli. Setelah membelinya, pembeli harus berkomitmen untuk merenovasi rumah-rumah tersebut dalam waktu paling lama tiga tahun.

Program penjualan rumah murah ini bernama "Operation Beauty”. Wali Kota Cinquefrondi, Michele Conia mengaku program ini nggak main-main. Pemerintah setempat bertekad ingin menambah populasi di desa tersebut setelah banyak kaum muda yang pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Dengan menawarkan rumah murah, diharapkan pendatang mau merenovasi rumah yang sudah terbengkalai atau rusak dan membuat suasana di desa tersebut kembali hidup.

"Tempat kami tinggal di antara perbukitan yang menyegarkan dan dua lautan yang hangat. Juga ada sungai yang mengalir di dekatnya. Kalau mau ke pantai pun hanya 15 menit dengan menggunakan mobil," ungkapnya.

Rumah di Desa Cinquefrondi banyak yang kini kosong tak bertuan. (FabioMitidieri/Shutterstock)
Rumah di Desa Cinquefrondi banyak yang kini kosong tak bertuan. (FabioMitidieri/Shutterstock)

Akan tetapi, berdasarkan apa yang disampaikannya, sebagian besar distrik di kota tersebut terbengkalai. Banyak rumah di sana yang kini kosong tak berpenghuni selama bertahun-tahun. Conia pun ingin memulihkan rumah-rumah tersebut agar nggak semakin rusak atau hilang.

"Menemukan pemilik baru untuk banyak rumah kosong yang kami miliki adalah bagian penting," kata Conia.

Conia bercerita jika dia tumbuh di Jerman ketika orang tuanya bermigrasi. Lalu setelah dewasa, dia kembali ke desa tersebut untuk menyelamatkan kota tempat dia tumbuh.

Sebagaimana di Cinquefrondi, banyak kota lain di Italia yang juga menjual rumah dengan harga murah dengan alasan yang sama. Sebagai contoh, ada kota yang menjual rumah seharga satu Euro dengan persyaratan uang muka hingga 5.000 euro atau sekitar Rp 80 juta. Hanya, pembeli akan terkena sanksi jika gagal merenovasi dalam waktu tiga tahun.

Di Cinquefrondi, misalnya, pemerintah setempat hanya meminta biaya asuransi tahunan sebesar 250 Euro atau sekitar Rp 4 juta sampai proses renovasi selesai.

Pemandangan Cinquefrondi ini dikenal sebagai
Pemandangan Cinquefrondi ini dikenal sebagai "Zipper Town". (CNN/Tullio Pronesti)

Jika nggak bisa menyelesaikan renovasi dalam waktu  tiga tahun. Pemilik baru akan dikenakan denda sebesar 20.000 Euro atau Rp 320 juta. Di kota-kota lain yang menawarkan skema serupa, biasanya pembeli baru mampu menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu yang diberikan, yaitu dalam waktu 1-2 tahun.

"Kami hanya meminta semacam kepastian begitu pembeli baru berkomitmen untuk proyek. Biaya kebijakan sangat rendah dan biaya restyle di sini hanya sekitar 10.000-20.000 Euro, mengingat tempat tinggalnya nyaman dan kecil,” ungkapnya.

Nah, rumah seharga satu Euro itu tersedia untuk ukuran 40-50 meter persegi. Ukuran ini relatif kecil untuk tenggat renovasi yang ditetapkan. Logikanya, renovasi nggak akan mahal atau menghabiskan waktu terlalu lama.

Bangunan rumah-rumah tersebut terletak di bagian kota Cinquefrondi yang kuno dan bersejarah. Beberapa rumah bahkan memiliki balkon kecil dengan pemandangan yang indah. Membayangkannya saja pasti membuatmu ingin segera membeli rumah di sana, ya, Millens.

Cinquefrondi ini dikenal sebagai "Zipper Town" karena melintasi persimpangan antara pantai Lonian dan Tyrrhenian Calabria di ujung selatan Italia. Desa ini memiliki pemandangan yang menakjubkan karena berada di kawasan perbukitan namun nggak jauh dari laut. Akses ke pelabuhan terdekat juga tersedia.

Gimana Millens, berminat pindah ke Italia dan membeli rumah di Cinquefrondi? (Kom/MG29/E07)