Keluarga Tolak Jadi Saksi, Pelaku Inses di Bulukumba Bayar Orang Rp2,4 Juta

Pelaku pernikahan sedarah rela menghalalkan segala cara agar keinginannya terwujud. Salah satunya adalah mengeluarkan biaya Rp 2,4 Juta untuk membayar seseorang agar mau menjadi saksi pernikahannya.

Keluarga Tolak Jadi Saksi, Pelaku Inses di Bulukumba Bayar Orang Rp2,4 Juta
Ansar dan Fitri setelah ijab kabul. (Makassar Indeks)

Inibaru.id - Tindakan di luar kelaziman masyarakat terjadi di Bulukamba, Sulawesi Selatan. Bayangkan saja, ada yang melakukan pernikahan sedarah (inses).

Hal tersebut dilakukan oleh Ansar (32) dengan adik kandungnya sendiri yakni Fitri yang berusia 21 tahun. Hervina, istri sah Ansar menurturkan kalau suaminya tersebut sempat minta sepupunya untuk menjadi saksi pernikahan.

"Mereka itu kan menikah siri, berdasarkan keterangan sepupunya yang juga ikut merantau di Kalimantan, Ansar sempat memintanya jadi saksi, tapi ditolak," kata Hervina, dilansir dari Merdeka, Rabu (3/7).

Hervina juga menambahkan, Ansar sempat kebingungan mencari saksi. Lantas dia mencari jalan keluar dengan membayar orang agar mau menjadi saksi dan imam nikah sebesar Rp 2,4 juta.

"Terpaksa dia (Ansar) membayar Rp2,4 juta, itu termasuk saksi dan imam nikah," ucap Hervina.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, Unit PPA Polres Bulukumba terus mendalami kasus perzinahan sesuai dengan pasal 284 ayat 1 KUHP. Perkara dengan nomor LP /333/VII/2019/SPKT Res Bulukumba yang dilaporkan Senin, 1 Juli 2019 kemarin ini masuk dalam agenda pemeriksaan saksi-saksi yang diduga mengetahui peristiwa pernikahan sedarah itu.

"Perzinahan ini diduga dilakukan sekitar bulan Maret 2019 lalu. Terlapor Ansar telah melakukan hubungan badan layaknya suami istri dengan Fitri yang tak lain adalah adik kandungnya sendiri," kata Dicky saat dikonfirmasi.

Ansar lari ke Kalimantan setelah hubungan gelapnya dipergoki oleh istri sah Ansar, Hervina. Di tempat pelariannya di Jalan Tirtayasa, Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur itulah, mereka melangsungkan pernikahan sedarah secara siri.

"Kita masih akan terus memeriksa saksi untuk mendapatkan informasi tambahan, nanti kita infokan lagi," tutup Dicky.

Aduh, sungguh miris ya, Millens, jika melihat kejadian amoral seperti ini. Jangan ditiru ya. (IB28/E05)