Demam Selamat Pagi, Jutaan Ponsel “Hang”

Terlalu sering saling mengirim ucapan selamat pagi juga nggak baik lo, Millens. Bukan secara emosional, ucapan selamat pagi rupanya bisa membuat jutaan ponsel di India mengalami hang. Duh!

Demam Selamat Pagi, Jutaan Ponsel “Hang”
Whatsapp. (Travelingyuk.com)

Inibaru.id – Kamu termasuk orang yang suka mengirim ucapan selamat pagi nggak, Millens? Menyapa teman lewat media sosial memang bertujuan baik. Namun, kalau keseringan, bisa jadi ponsel temanmu bakal hang karenanya. Kejadian ini betulan terjadi di India. Jutaan android dikabarkan hang tiap pagi di sana. Kok bisa?

Kompas.com, Jumat (26/1/2018), menulis, warga India memang punya kebiasaan yang unik. Sebagian pengguna Whatsapp aktif di India, terutama yang masih nubie di dunia daring, saat ini tengah mengalami "demam selamat pagi".

India memiliki sekitar 200 juta akun Whatsapp aktif. Sebagian dari mereka suka mengirim ucapan selamat pagi lewat aplikasi pesan tersebut ke keluarga, kolega, dan bahkan orang asing.

Nggak hanya warga biasa, kebiasaan ini juga turut dilakukan para pejabat publik di India. Perdana Menteri Narendra Modi rutin mengirim ucapan selamat pagi tiap pukul 05.00 sebelum dia melakukan yoga. Saking senangnya dengan kebiasaan ini, PM tersebut sempat menegur kolega yang nggak membalas ucapannya.

Selain ucapan selamat pagi, masyarakat India juga acap berlomba-lomba mengirim variasi konten. Mereka menggunakan pesan teks tertulis, gambar, bahkan video yang berukuran besar. Google mencatat, dalam lima tahun terakhir, pencarian "gambar selamat pagi" meningkat 10 kali lipat di India.

Baca juga:
Dihujat Netizen Indonesia Karena Masa Lalunya, Maria Ozawa Mengaku Sedih
Kebakaran RS di Korea Selatan Telan Puluhan Nyawa

Selain itu, Pinterest juga mencatat, jumlah unduhan gambar selamat pagi mereka meningkat hingga sembilan kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Jutaan Ponsel Hang

Akibat membludaknya pesan selamat pagi yang dikirm, jutaan ponsel di India mengalami hang. Ini disebabkan oleh banyaknya pengguna Whatsapp di India yang memiliki ponsel Android low-end berspesifikasi rendah. Ponsel mereka nggak sanggup menerima berkas foto atau video ucapan selamat pagi yang seringkali berukuran besar. Memori ponsel mereka lebih gampang terisi penuh oleh foto dan video.

Western Digital mengeluarkan hasil survei pada 2016 yang menyatakan bahwa setiap hari satu dari tiga perangkat Android kehabisan memori. Jika dikalkulasikan dengan total pengguna Whatsapp di India, berarti setiap hari ada puluhan juta perangkat Android yang hang.

Efeknya, Google selaku pemilik Android kalang kabut mencari solusi atas masalah tersebut. Mereka akhirnya meluncurkan aplikasi “Files Go” pada Desember 2017 lalu di New Delhi.

Aplikasi tersebut berguna untuk mencari file yang nggak terpakai dan menghapusnya, termasuk aneka berkas ucapan selamat pagi. Dengan begitu, ruang penyimpanan di memori nggak gampang penuh.

Baca juga:
Ada Ikan Mohawk di Perairan Australia. Seperti apa?
"Perang Saudara" di Semi-Final Indonesia Masters

Teknologi machine learning bahkan tersemat dalam aplikasi itu. Pengguna jadi bisa mencari file selamat pagi langsung berdasarkan format dan ukuran tertentu. Tampaknya, aplikasi ini benar-benar membantu masalah netizen di India, karena aplikasi ini sudah diunduh 10 juta kali.

Fiuh, ucapan selamat pagi rupanya bisa jadi masalah juga ya, Millens. Jangan sembarangan ngirim ucapan selamat pagi deh. Kirim yang penting-penting saja! (AYU/GIL)