Debutan DPR RI dari Jateng Lestari Moerdijat Masuk Bursa Calon Pimpinan MPR

Debutan DPR RI dari Jateng Lestari Moerdijat Masuk Bursa Calon Pimpinan MPR
Lestari Moerdijat, debutan DPR RI yang diusulkan jadi wakil ketua MPR. (Agus Budi)

Pelantikan DPR yang digelar pada Selasa (1/10/2019) diwarnai banyak wajah baru. Salah satunya adalah Lestari Moerdijat yang berasal dari daerah pemilihan II Jawa Tengah. Meski baru mengawali debutnya di parlemen, caleg yang diusung partai Nasional Demokrat ini diusulkan jadi calon wakil ketua MPR

Inibaru.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2019-2024 resmi dilakukan pada Selasa (1/10/2019). Sejumlah wajah baru yang bakal dipastikan mengisi Senayan selama lima tahun ke depan. Dari para debutan itu, seorang wakil rakyat dari Jawa Tengah langsung diajukan menjadi pimpinan MPR.

Dia adalah Lestari Moerdijat yang berasal dari daerah pemilihan II Jawa Tengah yaitu Demak, Kudus dan Jepara. Lestari Moerdijat merupakan salah satu pendatang baru yang mampu menggeser petahana pada pemilu April lalu. Bahkan, Mbak Rerie, sapaan akrabnya, menyisihkan beberapa petahana dengan meraih suara terbanyak yaitu 162.996 suara.

Rerie yang diusung Partai Nasdem bakal bergabung bersama 76 caleg lain dari delapan partai di daerah pemilihan Jawa Tengah. Dari jumlah tesebut, PDIP mendominasi dengan mengirimkan 26 caleg. Sementara, Nasdem mendapat jatah 5 kursi dari dapil jawa tengah untuk mengisi jabatan DPR RI periode 2019-2024.

Keberhasilan Rerie sebagai pendatang baru dengan mendapatkan raihan suara terbanyak ini membuat namanya masuk ke dalam bursa pencalonan pimpinan MPR. Hal ini dikonfirmasi Sekertaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate pada Senin (30/9) lalu.

"Kalau Nasdem sudah menunjuk pimpinan DPR RI, dalam hal ini Wakil Ketua DPR RI adalah Bapak Rachmat Gobel ya yang akan jadi Wakil Ketua DPR dari Fraksi Nasdem, dan Ibu Lestari Moerdijat sebagai wakil ketua atau pimpinan MPR RI dari Fraksi Nasdem," kata Johnny.

Dua nama tersebut tinggal menunggu penandatanganan SK dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Lebih lanjut nama tersebut bakal disampaikan secara formal ke ketua fraksi di DPR dan MPR.

Johnny juga mengungkapkan pihaknya butuh sosok yang mampu memperbaiki citra lembaga wakil rakyat ini.

“(DPR) butuh tokoh yang mempunyai kompetensi memadai, tokoh yang integritasnya terjaga dengan baik, tokoh yang punya jaringan persahabatan yang luas,” tambahnya.

Mari tunggu hasilnya siapa saja yang terpilih di pimpinan DPR, MPR, dan DPD ya, Millens! (IB27/E04)