Dear Pejuang LDR, Ini 4 Kunci Jalani Hubungan Jarak Jauh yang Bahagia

Dear Pejuang LDR, Ini 4 Kunci Jalani Hubungan Jarak Jauh yang Bahagia
Ilustrasi: Empat kunci LDR bahagia. (Timesofindia)

Menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan memang memiliki tantangan tersendiri. Nah, biar kamu dan pasangan tetap bisa melalui LDR dengan bahagia, berikut ini empat kuncinya.

Inibaru.id – Hubungan jarak jauh atau LDR bisa menjadi hal yang sulit. Sayangnya, terkadang kita nggak punya pilihan selain menjalaninya, misalnya karena sedang menuntut ilmu atau bekerja. Atau, pandemi yang belum juga berakhir nggak jarang membuat kita harus berjauhan dengan partner kita.

Selain itu, aplikasi online dating yang memungkinkan kita menjalin hubungan beda negara juga ujung-ujungnya malah membuat kita terjebak dalam hubungan jarak jauh. Ada yang bisa bertahan sampai akhir, tapi nggak sedikit yang kandas di tengah jalan.

Hm, apa pun yang membuatmu harus berhubungan jarak jauh dengan si dia, sudah seharusnya dijalani sebaik-baiknya. Mungkin, jauhnya jarak sesekali membuatmu gampang sedih atau malah curiga pada pasangan. Rasa sepi atau nggak percaya inilah yang acap memicu berakhirnya hubungan jarak jauh.

Mempertahankan hubungan jarak jauh memang bukan hal yang mudah. Jadi, jika dirimu berjuang untuk menjaga hubungan tetap hidup dalam cinta jarak jauh, barangkali tips ini bisa kamu terapkan.

Punya Jadwal

Sibuk itu wajar, tapi kalau sampai nggak bisa saling menghubungi itu masalah. Oleh karena itu, coba deh kamu dan pasangan menyusun jadwal agar masing-masing tahu kapan waktu luang yang dimiliki. Dengan demikian, kamu atau pasangan nggak bakal merasa terganggu atau terus-terusan menunggu.

Sering Mengunjungi Satu Sama Lain

Mengunjungi satu sama lain sangat penting. (Getty Images/iStockphoto/jacoblund via Wolipop)
Mengunjungi satu sama lain sangat penting. (Getty Images/iStockphoto/jacoblund via Wolipop)

Jarak yang terlalu jauh berpotensi membuat hubungan menjadi rusak. Jadi, sedapat mungkin kamu dan pasangan meluangkan waktu untuk mengunjungi satu sama lain agar hubungan tetap hidup. Lagipula, ada kangen yang harus dituntaskan bukan?

Lakukan Hal-hal Bersama

Meski terpisah yang jauh, bukan berarti kamu dan pasangan nggak bisa melakukan berbagai hal bersama. Kamu masih bisa lo melakukan kencan secara virtual. Dengan begitu, kamu juga punya kok momen yang romantis meski berbekal platform digital.

Fokus pada Kualitas, Bukan Kuantitas

Jangan fokus pada kuantitas waktu yang kamu dan pasangan habiskan atau banyaknya panggilan. Fokuslah pada kualitasnya. Berbicara beberapa menit mengenai hal yang penting akan lebih baik daripada ngobrol berjam-jam mengenai hal yang nggak penting.

Oya, nggak perlu memaksakan diri untuk menelpon setiap hari ya. Normal kok jika kamu dan pasangan hanya bisa berbicara lewat telepon beberapa hari sekali. Selama kalian merasa tetap terhubung, hal itu nggak masalah.

Terkadang, hubungan jarak jauh memang sulit. Kepercayaan, komunikasi dan kejujuran merupakan inti  dari keberhasilan hubungan ini.

Kalau tips LDR bahagia ala kamu gimana, nih, Millens? (Fim/IB21/E03)