Daripada Repot ke Apotek, Makan Saja Buah dan Sayur Kaya Vitamin C Ini

Daripada Repot ke Apotek, Makan Saja Buah dan Sayur Kaya Vitamin C Ini
Beberapa bahan makanan ini bisa memenuhi kebutuhan vitamin C-mu. (Shutterstock via Kompas)

Vitamin C nggak harus didapatkan dari produk-produk vitamin atau suplemen. Kalau kamu makan buah dan sayur ini, bisa kok memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Belakangan ini permintaan vitamin di pasaran cenderung meningkat. Di apotek-apotek, produk vitamin laris-manis dan bahkan ada yang sampai kehabisan stok. Penyebab dari hal ini adalah masyarakat yang ingin mendapatkan sistem imun yang kuat sehingga nggak akan mudah terpapar Covid-19.

Nah, sebenarnya, kamu nggak harus selalu mengonsumsi produk vitamin berbentuk pil, tablet, sirup, dan lain-lain. Asalkan menerapkan pola makan yang sehat, sebenarnya kamu juga tetap bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup tinggi, lo.

Biar nggak bingung, yuk simak beberapa jenis makanan yang sebenarnya menyediakan vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Kamu pun bakal punya sistem imun yang lebih kuat, deh.

Yuk simak makanan-makanan tersebut.

1.       Jambu Biji

Jambu biji kaya vitamin C. (Freepik)
Jambu biji kaya vitamin C. (Freepik)

Pasti banyak yang nggak menyangka kalau kandungan vitamin C di dalam jambu biji itu sangat tinggi. Bahkan, sebenarnya kandungan vitamin C di dalamnya lebih tinggi dari buah yang identik dengan vitamin ini, jeruk. Kalau kamu mengonsumsinya, bisa lo mendapatkan setidaknya 126 mg vitamin C.

Nggak hanya tinggi vitamin C, jambu biji juga tinggi kandungan likopen, semacam antioksidan yang bisa membantu mencegah berkembangnya sel-sel abnormal yang bisa berujung menjadi kanker. Bahkan, pakar kesehatan menyebut konsumsi jambu biji secara rutin bisa membantumu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

2.       Sawi

Siapa bilang vitamin C hanya bisa ditemukan di dalam buah saja. Realitanya, kamu bisa lo mendapatkan vitamin C dalam dosis tinggi dengan mengonsumsi sayur, tepatnya sawi. Sayuran hijau ini ternyata memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi, yakni 195 mg! Bakal makin sehat dan imun semakin kuat deh kalau memakannya.

Menariknya, sawi juga tinggi kandungan serat, vitamin A, kalsium, dan mineral penting lainnya. Rutin mengonsumsinya bakal bikin pencernaan makin sehat, tulang semakin kuat, sekaligus mencegah anemia.

3.  Cabai

Cabai juga memiliki kandungan vitamin C. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Cabai juga memiliki kandungan vitamin C. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Yap, cabai juga termasuk dalam makanan yang tinggi vitamin C. Di dalamnya setidaknya ada 109 mg vitamin C. Selain itu, kandungan capsaicin di dalamnya juga bisa mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Selain bisa dinikmati menjadi sambal, cabai berjenis rawit juga sering dikonsumsi masyarakat Indonesia saat makan atau ngemil. Jadi, nggak hanya bikin rasa makanan makin mantap, mengonsumsinya bisa bikin tubuh makin sehat, deh, Millens.

4. Stroberi

Di dalam 152 gram stroberi, kaum bisa menemukan 89 mg vitamin C. Di dalamnya juga ada antioksidan, folat, dan flavonoid yang baik bagi kesehatan.

5. Lemon

Yap, di dalam lemon kamu bisa lo mendapatkan 83 mg vitamin C. Di dalam buah ini juga tinggi kandungan antioksidan. Jadi, sering-sering deh konsumsi lemon segar agar tubuh semakin sehat.

Dari makanan tinggi kandungan vitamin C ini, mana yang paling kamu suka, Millens(Boo/IB09/E05)