Dari Makanan Hingga Kerajinan, Semua Bisa Kamu Buru Saat Pameran UMKM di Pasar Restorasi

Dari Makanan Hingga Kerajinan, Semua Bisa Kamu Buru Saat Pameran UMKM di Pasar Restorasi
Sejumlah orang mengunjungi Pasar Restorasi. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Setelah acara senam pagi dan donor darah, HUT Ke-7 Partai Nasdem disemarakkan dengan Pasar Restorasi. Pasar ini diisi pelbagai "stand" makanan hingga kerajinan tangan.

Inibaru.id – Bagi kamu yang suka berburu kuliner dan kerajinan tangan, mengunjungi Pasar Restorasi adalah pilihan yang tepat untuk berlibur di akhir pekan ini. Di acara yang bertempat di De Tjolomadoe, Karanganyar itu, kamu bisa menemukan makanan khas seperti Timlo Solo hingga kerajinan seperti mebel dari ranting pohon.

Nggak kurang dari 155 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menyemarakkan acara yang digelar dalam rangka HUT Ke-7 Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini. Mereka berasal dari daerah Solo dan sekitarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Tengah Setyo Maharso selaku penyelenggara mengatakan adanya pameran UMKM ini merupakan wujud kepedulian Partai Nasdem terhadap pelaku usaha kecil.

“Bagi kami, UMKM itu jadi tonggak hidupnya perekonomian di desa. Jadi, mereka perlu diperkenalkan di Pasar Restorasi ini,” kata Setyo.

Di Pasar Restorasi ini, kamu bisa menemukan sejumlah makanan khas daerah seperti timlo Solo, batagor, tiwul hingga sop matahari. Nggak cuma yang berbentuk stand, sejumlah food truck juga ada di Pasar Restorasi.

Pengunjung melihat produk lukisan bermedia bambu. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Salah seorang pengunjung Sela mengaku menikmati Pasar Restorasi ini.

“Tadi sebenernya aku pengin ke museumnya, tapi pas sampai kok ternyata ada pasar rakyat begini. Akhirnya aku sama temen-temen mampir deh,” kata Sela.

Selain aneka makanan, kamu juga bisa berbelanja fesyen ataupun kerajinan tangan di sini, lo. Sejumlah stand diisi dengan produk pakaian seperti batik, tenun, dan pakaian jadi. Beberapa di antaranya juga ada kerajinan tangan seperti mebel berbahan baku ranting kayu jati dan lukisan di media bambu.

Salah seorang pelaku usaha yang ada di Pasar Restorasi Heri Susanto berharap produknya dapat dikenal masyarakat luas dengan mengikuti pameran ini.

“Produk saya itu memang banyaknya diekspor. Pemasaran di dalam negeri belum ada. Jadi, harapan saya produk ini juga bisa dikenal di negeri sendiri,” ujar Heri.

Pasar Restorasi masih berlangsung hingga Minggu (11/11/2018) nih, Millens. Bagi kamu yang tinggal di daerah Karanganyar dan Solo, bolehlah berakhir pekan di sini. Sambil berburu foto di museum gulanya, kamu juga bisa berburu makanan dan kerajinan di Pasar Restorasi. Gimana, mantap to? (Ida Fitriyah/E05)