Dari Empat Tipe Empati Ini, Mana yang Kamu Punya?

Dari Empat Tipe Empati Ini, Mana yang Kamu Punya?
Pelukan, salah satu tindakan sederhana yang menenangkan sekaligus wujud dari empati. (Pixabay)

Empati memiliki empat tipe yang berbeda yaitu affective empati, cognitive empathy, somatic empathy, dan spiritual empathy. Nah, kamu yang mana nih?

Inibaru.id – Perasaan ingin segera membantu atau dorongan untuk lekas menolong sesama adalah wujud dari empati yang dimiliki manusia. Nah, ternyata ada empat tipe empati yang tentunya memiliki ciri masing-masing. Berikut adalah keempat tipe dari empati yang lazimnya dimiliki manusia:

1. Affective Empathy

Tanda kamu memiliki empati afektif ialah adanya tingkat kepekaan tinggi terhadap lingkungan sekitarmu. Kamu cukup sensitif dan cenderung sulit untuk mengontrol diri agar nggak terlalu jauh dalam mencampuri urusan orang lain. Jadi, bisa dibilang kalau saking pekanya, kamu justru bisa memperkeruh keadaan karena kurang begitu bisa mengendalikan diri. Hmmm, jangan gitu lo, Millens!

2. Cognitive Empathy

Empati jenis ini cenderung dimiliki oleh kamu yang mampu menempatkan diri dan membaca situasi di sekitar. Orang yang bertipe empati ini, biasanya menelaah masalah dari berbagai sudut pandang. Jadi, kamu nggak sembarang menarik kesimpulan dan mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalahmu. Berbeda dengan afektif, tipe kognitif ini lebih memahami kondisi sedangkan afektif cenderung merasakan.

3. Somatic Empathy

Kalau kamu tipe orang yang berempati setelah melihat sendiri kisah seseorang, berarti kamu memiliki somatic empathy. Tipe ini memang terlihat nggak mudah terpengaruh pada cerita sedih seseorang.

4. Spiritual Empathy

Tipe spiritual ini biasanya dapat dilihat dari spontanitasmu menolong orang lain. Kalau kamu termasuk orang yang bergegas membantu orang lain saat dia kesusahan, berarti kamu termasuk dalam kategori pemilik simpati spiritual.

Nah, dari keempat tipe itu, kamu termasuk tipe yang mana nih, Millens? (IB23/E05)