Dampak Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Apakah Stok BBM Aman?

Dampak Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Apakah Stok BBM Aman?
Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. (Twitter/6baji)

Kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat sangatlah dahsyat sehingga membuat ribuan orang mengungsi. Apakah hal ini akan memengaruhi stok BBM?

Inibaru.id – Kebakaran yang melanda kilang Pertamina di Balongan, Indramayu, pada Senin (29/3/2021) dini hari sangtlah dahsyat. Warga sekitar yang tinggal di radius sekitar 10 kilometer dari kilang tersebut bisa dengan jelas melihat kobaran api membumbung tinggi di gelapnya malam.

Hingga siang ini, asap hitam masih membumbung tinggi. Kebakaran yang ledakannya menyebabkan getaran hingga sempat dikira gempa bumi itu kini mulai memunculkan kekhawatiran baru: akankah memengaruhi stok BBM di negeri ini atau membuat harganya naik?

Terkait hal ini, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Sukabumi Yudha Sukmagara memastikan stok BBM aman, setidaknya di sejumlah lokasi depot. Kemudian, khusus untuk pom bensin di Sukabumi, pihaknya memastikan nggak bakal ada kendala stok BBM.

“Tidak usah panik, BBM akan terjamin stoknya 10 hari ke depan,” jelas Yudha, Senin (29/3).

Nggak hanya di wilayah Sukabumi, stok BBM untuk seluruh wilayah Jawa Barat, provinsi tempat Kabupaten Indramayu berada, juga aman. Sosok yang juga dikenal sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi ini memastikan bahwa informasi yang disampaikannya valid.

“Supply minyak untuk Jawa Barat dalam kondisi aman karena stok-pun sudah terjamin di tiap depot masing-masing,” tegas Yudha.

Ilustrasi: Stok BBM masih aman meski terjadi kebakaran di kilang Pertamina Balongan Indramayu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi: Stok BBM masih aman meski terjadi kebakaran di kilang Pertamina Balongan Indramayu. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Perlu kamu tahu, terbakarnya kilang Pertamina Balongan, Indramayu terjadi pukul 00.45 WIB, dengan titik kebakaran tangki T-301G. Corporate Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, penyebabnya hingga kini masih diinvestigasi.

“Saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir,” terangnya.

Sementara, Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan, akibat kebakaran hebat tersebut, nggak kurang dari 1.000-an warga mengungsi. Pengungsian dipusatkan di Pendopo Bupati Indramayu, Islamic Center, serta GOR Patra.

“Mereka (pengungsi) dari Desa Balongan, Desa Majakerta, serta Desa Sadahurip,” kata dia. 

Kendati dipastikan bakal berdampak besar bagi warga sekitar dan bahkan negara, untuk saat ini stok BBM masih aman, kok. Semoga kejadian semacam ini nggak terulang ke depannya ya, Millens!(Det/IB09/E03)