Dampak Covid-19; Mulai 7 September 2020, WNI Dilarang Masuk Malaysia

Dampak Covid-19; Mulai 7 September 2020, WNI Dilarang Masuk Malaysia
WNI dilarang berkunjung ke Malaysia. (Flickr/ Simon_sees)

Mulai 7 September 2020, Pemerintah Malaysia melarang WNI masuk ke negaranya. Hal ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia sekaligus keperluan mengendalikan pandemi di Malaysia.

Inibaru.id – Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri pada Selasa (1/9/2020) memastikan bahwa warga negara Indonesia (WNI) dilarang masuk ke Malaysia. Peraturan ini berlaku mulai Senin (7/9).

Keputusan mengejutkan ini disebabkan oleh melonjaknya kasus Covid-19 di Negeri Jiran. Nggak hanya WNI, warga negara dari India dan Filipina juga dilarang masuk ke Malaysia.

Mereka yang dilarang masuk ke Malaysia adalah yang berstatus penduduk tetap, pemegang izin ‘Malaysia My Second Home’, pemegang visa pasangan, pelajar, serta ekspatriat.

“Kami mengambil keputusan ini berdasarkan saran dari Kementerian Kesehatan melihat kondisi Covid-19 di negara-negara tersebut,” terang Ismail dalam konferensi pers pada Selasa (1/9).

Kondisi Kuala Lumpur yang sepi akibat pandemi Covid-19 (Malay Mail)
Kondisi Kuala Lumpur yang sepi akibat pandemi Covid-19 (Malay Mail)

Sebenarnya, sejak Maret 2020, Malaysia sudah melarang masuknya turis asing. Bahkan, Perdana Menteri Muhyiddin Yassin sudah memperpanjang masa pembatasan sosial sampai akhir 2020 demi mengendalikan pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Menanggapi keputusan dari Pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia mengaku masih menunggu kabar terbaru dari bagian yang menangani kerja sama bilateral dengan Malaysia. Mereka pun belum bisa mengeluarkan pendapat terkait hal ini.

“Saat ini saya masih menunggu update dari rekan yang menangani masalah ini,” ucap Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah pada Rabu (2/9).

Belum ada tanggapan dari Kemenlu terkait dengan keputusan Malaysia (Pikiran-rakyat)
Belum ada tanggapan dari Kemenlu terkait dengan keputusan Malaysia (Pikiran-rakyat)

Sebelumnya, 68 Negara Telah Melarang WNI

Sebenarnya, kasus negara lain melarang WNI masuk ke negaranya bukanlah hal yang baru. Pada akhir Mei 2020 lalu, setidaknya sudah ada 68 negara yang melarang kedatangan WNI yang ingin melancong. Alasannya sama dengan yang dikemukakan Malaysia, yakni terkait dengan pandemi Covid-19.

Beberapa negara yang masuk dalam daftar tersebut adalah yang sering dikunjungi warga Tanah Air seperti Korea Selatan, Macau, Taiwan, Italia, Yunani, Arab Saudi, Turki, Jerman, Swiss, Norwegia, Austria, Denmark, Swedia, Finlandia, Amerika Serikat, Kanada, dan lain-lain.

Sebenarnya, wajar jika sebuah negara melarang warga negara lain untuk masuk ke negaranya dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Apalagi kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi dan sulit dikendalikan, Millens. Jadi, nggak perlu baper berlebihan dengan keputusan Malaysia ini, ya? (Cnb/IB09/E05)