Dalam Sehari, Berapa Kali Kucing Harus Diberi Makan?

Dalam Sehari, Berapa Kali Kucing Harus Diberi Makan?
Kaan kucing harus diberi makan? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kamu tentu nggak mau kucingmu kelaparan karena lupa memberinya makan. Kebutuhan kucing tentu berbeda tergantung usianya. Namun berapa kali sih idealnya memberi makan kucing dalam sehari?

Inibaru.id – Pernah nggak sih kamu terlalu sibuk hingga lupa memberi makan kucing kesayanganmu? Kucing merupakan hewan yang selalu lapar. Mereka juga akan cari makanan sendiri saat lapar tanpa kamu tahu.

Kadang saking sayangnya, kamu akan memberikan makanan lebih dari yang mereka butuhkan sampai berat badannya di atas rata-rata. Agar hal ini nggak terjadi, kamu harus tahu jumlah makanan yang tepat untuk diberikan pada peliharaan kesayanganmu ini.

Sebelumya kamu harus tahu jenis makanan apa yang cocok untuk diberikan pada kucingmu. Meskipun mereka bisa makan karbohidrat dan vitamin, namun mereka selalu lebih suka memakan protein dan lemak. Para ahli kucing merekomendasikan jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kucing pada hari itu.

Makanan kering misalnya. Makanan jenis ini jadi makanan kucing favorit selama bertahun-tahun. Sedangkan makanan basah yang bisa menjadi alternatif lain untuk makanan kucingmu. Yang penting, makanan ini harus memiliki kandungan protein yang menyentuh angka 35 persen.

Mereka perlu energi untuk sehari penuh. (Google)
Mereka perlu energi untuk sehari penuh. (Google)

Makanan kucing biasanya memiliki nutrisi yang terdiri dari 40 persen protein serta 30 persen karbohidrat dan vitamin. Lemak yan menjadi kebutuhan mereka biasanya terpenuhi dari kandungan protein dan karbohidrat dari makanan mereka. lagian lemak yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, contohnya obesitas.

Berapa Kali dalam Sehari?

Orang menganggap anjing perlu diberi makan tiga kali sehari lalu menjadi sekali hingga dua kali sehari setelah terjadi peningkatan obesitas pada anjing. Pada kucing memang nafsu makan nggak pernah bisa terpuaskan, sehingga lebih baik membagi asupan makanan mereka sepanjang hari.

Hal ini akan menyebabkan mereka percaya bahwa mereka telah makan sepanjang hari. Jangan berikan makanan lebih banyak dari yang seharusnya. Biasanya produsen makanan kucing akan memberikan informasi jumlah ideal yang harus diberikan pada kucing tiap harinya.

Cukup beri 1-2 kali makan pada kucing dewasa. (Yahoo Berita)
Cukup beri 1-2 kali makan pada kucing dewasa. (Yahoo Berita)

Sesuaikan Usia

Untuk anak kucing yang berusia 4-5 minggu, berikan makanan yang sedikit namun sering. Meski perut mereka kecil, namun mereka butuh banyak energi. Periksa mangkuk makanan mereka empat kali sehari untuk memastikan nutrisi mereka terpenuhi.

Sedangkan untuk kucing dewasa dengan usia 1-8 tahun, kamu cukup memberikan makan sebanyak 1-2 kali sehari. Berikan makanan segar yang baru dikeluarkan dari bungkusnya ya. Pastikan mangkuk makannya juga bersih.

Perlakuan berbeda untuk kucing tua di atas 8 tahun. Kucing-kucing ini memiliki kebutuhan khusus. Produsen makanan kucing biasanya juga menyediakan makanan untuk memenuhi kebutuhan energi pada kucing tua. Jenis pakan ini punya lebih sedikit protein dan keseimbangan mineral dan vitamin yang dirancang menjaganya agar tetap sehat.

Jangan terlalu sedikit dan terlalu banyak dalam memberikan makan pada kucing kesayanganmu ya, Millens! (Kom/IB27/E05)