Daging Beku Bisa Cair Lebih Cepat dengan Cara Ini
Cara cairkan daging beku. (Farm5.staticflickr)

Daging Beku Bisa Cair Lebih Cepat dengan Cara Ini

Daging yang dibekukan dalam freezer memang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bila pengin memasak daging beku ini, kamu perlu mencairkan terlebih dulu. Biar daging beku cair lebih cepat, coba deh coba cara ini.

Inibaru.id – Salah satu bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama adalah daging. Supaya bertahan lama, biasanya orang-orang akan membekukan daging di dalam freezer. Saat akan diolah, barulah daging beku tersebut dicairkan.

Eits, tapi mencairkan daging yang beku nggak bisa pakai cara sembarangan, lo. Kalau kamu nggak tepat mencairkannya, daging itu berisiko terserang bakteri yang berbahaya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara aman dan cepat untuk mencairkan daging yang membeku.

Mencairkan Daging Beku dengan Air Dingin

Mencairkan daging beku dengan air dingin merupakan cara yang terbilang ampuh dan aman. Cara pencairannya pun mudah. Kamu cukup memasukkan daging ke dalam kantong yang ditutup rapat dan pastikan nggak ada udara di dalam kantong. Jangan lupa pilih kantong plastik yang berukuran besar, ya.

Langkah selanjutnya yakni merendam kantong yang berisi daging tersebut ke dalam mangkuk yang telah diisi air dingin. Diamkan daging terendam hingga dagingnya benar-benar mencair. Nah, setelah itu kamu bisa langsung memasaknya, Millens.

Mencuci di Bawah Air Mengalir

Cara cepat selanjutnya untuk mencairkan daging beku adalah merendam daging beku dengan air hangat. Pertama, bukalah kantong yang berisi daging beku. Letakkan daging beku dalam mangkuk yang cukup besar agar cukup untuk menampung seluruh sisi daging. Isi mangkuk dengan air hangat suam-suam kuku.

Langkah selanjutnya, tempatkan mangkuk berisi air hangat dan daging beku itu di wastafel. Pastikan air mangkuk berada di bawah keran yang menetes cepat agar air yang menetes sedikit dingin saat disentuh. Hal ini dapat mempercepat pencairan dan membuat air bergerak cukup untuk menjaga pertumbuhan bakteri seminimal mungkin saat daging mencair.

Pastikan Daging Bersih

Tak kalah penting, kebersihan daging juga perlu diperhatikan. Pastikan membersihkan bak cuci hingga bersih setelah daging selesai dicairkan ya, Millens.

Cara mencairkan daging yang beku cukup mudah, kok. Silakan mencoba! (IB24/E04)