Daftar Wilayah yang Terdampak Gangguan Internet Telkomsel

Daftar Wilayah yang Terdampak Gangguan Internet Telkomsel
Gangguan internet Telkomsel dan IndiHome terjadi sejak Minggu (19/9/2021). (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sejak Minggu (19/9/2021) hingga Senin (20/9), terjadi gangguan internet Telkomsel dan IndiHome. Protes pun dilayangkan warganet dari seluruh Indonesia. Sebenarnya, wilayah mana saja ya yang terdampak?

Inibaru.id – Sejak Minggu (19/9/2021), terjadi gangguan pada layanan internet Telkomsel. Alhasil, banyak warganet yang mengeluarkan protes terhadap Telkomsel di media sosial.

Vice President Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin nggak membantah adanya gangguan ini. Dia bahkan menyebut sejumlah daerah yang mengalami gangguan, yakni Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Natuna, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua.

Gangguan ini untungnya hanya terjadi di layanan internet. Pengguna Telkomsel masih bisa bertelepon atau berkirim pesan dengan SMS. Meski begitu, tetap saja Telkomsel mengeluarkan permintaan maaf.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel,” tegas Denny, Minggu (19/9/2021).

Salah satu layanan Telkomsel, yakni IndiHome ikut-ikutan mengalami gangguan internet sejak Minggu (19/9) pukul 17.33 WIB. Kalau soal ini, SPV Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza memastikan bahwa gangguan terjadi akibat adanya masalah di sistem komunikasi kabel Jawa serta di ruas Batam-Pontianak yang menghubungkan Sumatera dan Kalimantan.

“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal,” ujar Ahmad.

Gangguan internet masih berlangsung hingga Senin (20/9). (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Gangguan internet masih berlangsung hingga Senin (20/9). (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Berlanjut Hingga Senin Pagi

Meski pihak Telkomsel sudah berusaha untuk memperbaiki masalah jaringannya, tetap saja gangguan ini berlangsung hingga Senin (20/9) pagi. Meski begitu, gangguan ini seperti nggak merata karena ada pengguna Telkomsel dan Indihome yang sudah bisa mengakses internet, sementara masih banyak juga yang nggak bisa melakukannya.

Yang jadi masalah, banyak orang yang mengandalkan internet untuk kebutuhan pekerjaan dan sekolah. Meski level PPKM di banyak tempat sudah turun, tetap banyak perusahaan yang menerapkan kerja dari rumah (WFH) dan sekolah daring. Gangguan internet tentu saja mempersulit mereka.

Sejumlah aplikasi seperti Zoom dan Google Meet pun sulit untuk diakses untuk kebutuhan pekerjaan atau sekolah.

“Telkom Group sedang beusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan mrmprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di wilayah yang terdampak,” ungkap Denny terkait dengan langkah Telkomsel dan IndiHome untuk menangani gangguan ini.

Apakah kamu juga menggunakan Telkomsel atau Indihome, Millens? Ikut mengalami gangguan jaringan juga nggak, nih? (Kom/IB09/E05)