Deretan Prestasi Lee Chong Wei Selama Menjadi Atlet Bulu Tangkis

Deretan Prestasi Lee Chong Wei Selama Menjadi Atlet Bulu Tangkis
Lee Chong Wei punya sederet prestasi di dunia bulu tangkis. (AFP/Justin Tallis)

Selama 19 tahun berkarier, Lee Chong Wei meraih berbagai gelar dari berbagai turnamen bulu tangkis internasional. Apa saja gelar bergengsi yang pernah dia menangi?

Inibaru.id – Lee Chong Wei nggak mampu menahan rasa sedihnya saat mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia, pada Kamis (13/6/2019). Sambil bercucuran air mata, Lee mengakhiri kariernya yang gemilang selama 19 tahun berjibaku dengan atlet bulu tangkis tunggal putra dari seluruh dunia.

Laman Bolasport, Kamis (13/6) menulis, Lee nggak mendapatkan rekomendasi dari tim dokter yang menangani kanker hidung yang diidapnya untuk melanjutkan karier di dunia bulu tangkis. Demi proses pemulihan, Lee pun terpaksa mematuhi saran dokter.

Nggak hanya lama menjadi atlet bulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia, Lee dikenal sebagai salah satu bagian “Fantastic Four” yang berisi atlet tunggal putra bulu tangkis terbaik. Lee disandingkan dengan Taufik Hidayat (Indonesia), Lin Dan (Tiongkok), dan Peter Gade (Denmark).

Sepanjang kariernya, Lee meraih dua medali emas Kejuaraan Asia, tepatnya pada 2006 dan 2016. Lee juga meraih empat gelar juara BWF World Superseries Final. Selain itu, pria berusia 36 tahun ini juga pernah mencicipi 3 gelar All England dan 12 kali merajai turnamen di negaranya sendiri, Malaysia Open.

Baca juga:
Ini Penyebab Kanker Hidung yang Diidap Lee Chong Wei
Terkena Kanker, Lee Chong Wei Terpaksa Gantung Raket

Di ajang SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade, namanya juga selalu diperhitungkan meski tidak selalu meraih gelar juara. Bahkan, persaingan ketatnya dengan Lin Dan justru membuat keduanya menjadi sahabat baik yang saling menghormati satu sama lain.

Berikut adalah daftar lengkap prestasi yang diraih Lee Chong Wei di berbagai turnamen bulu tangkis besar selama kariernya.

Olimpiade: Medali perak 2008, 2012, dan 2016.

Kejuaraan Dunia: Medali perunggu 2005, medali perak pada 2011, 2013, dan 2015.

Asian Games: Medali perunggu 2006 dan 2014, medali perak pada 2010.

Kejuaraan Asia: Medali emas pada 2006 dan 2016, medali perunggu pada 2017 dan 2018.

SEA Games: Medali perunggu: 2005.

Millens sedih nggak mendengar kabar pensiunnya Lee Chong Wei ini? (IB09/E04)