Daftar Lengkap Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024
Para Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. (Twitter/Kiyai_MarufAmin)

Daftar Lengkap Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024

Sebanyak 12 wakil menteri ditunjuk Jokowi untuk membantu kinerja 11 Kementerian di Kabinet Indonesia Maju. Berikut adalah daftar lengkap para wakil menteri tersebut.

Inibaru.id – Jumat (25/10/2019) siang, Presiden Jokowi melantik 12 nama yang menjadi wakil menteri dalam Kabinet Periode Indonesia Maju 2019-2024. Para wakil menteri ini akan membantu kinerja dari 11 kementerian.

Laman Kompas edisi Jumat (25/10) menulis, para wakil menteri ini berasal dari kalangan politisi serta profesional. Berikut adalah daftar lengkap para wakil menteri tersebut.

Budi Gunadi Sadikin

Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Menteri BUMN. Sebelum ini, Budi menjabat sebagai Direktur Utama PT Inalum sejak September 2017. Penunjukan sebagai wakil menteri ini mengharuskannya siap untuk meninggalkan jabatan tersebut.

Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto. Wahyu adalah bendahara dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Zainut Tauhid

Zainut dipilih menjadi Wakil Menteri Agama. Politisi dari PPP ini akan membantu kinerja Fachrul Razi. Sebelum ini, Zainut merupakan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Mahendra Siregar

Mahendra Siregar sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Pengalaman ini membuatnya didapuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri mendampingi Retno Marsudi.

Jerry Sambuaga

Politisi dari Partai Golkar ini dipilih menjadi Wakil Menteri Perdagangan untuk membantu kinerja Agus Suparmanto.

Suahasil Nazara

Pengalaman Suahasil Nazara sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal dianggap cocok untuk membantu Menteri Keuangan Sri Mulyani.

John Wempi Wetipo

John Wempi Wetipo adalah politisi dari PDI-P yang menjabat sebagai Bupati Jayawijaya selama dua periode. Kini, John didapuk sebagai Wakil Menteri PUPR membantu kinerja salah satu menteri paling populer di masa pemerintahan Jokowi Basuki Hadimuljono.

Budi Arie Setiadi

Budi Arie Setiadi dikenal sebagai Ketua Umum Relawan Projo. Dia diminta untuk menjadi Wakil Menteri Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Alue Dohong

Alue Dohong yang menjabat sebagai Deputi Badan Restorasi didapuk menjadi wakil dari Siti Nurbaya bakar. Pengalaman ini dianggap cocok untuk membantu kinerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Surya Tjandra

Politisi dari PSI ini didapuk sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN mendampingi Sofyan Djalil.

Kartika Wirjoatmodjo

Lelaki yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk ini akan membantu Menteri BUMN Erick Thohir bersama dengan Budi Gunadi Sadikin.

Angela Tanoesoedibjo

Putri dari Ketum Partai Perindro Hary Tanoesoedibjo ini diminta untuk membantu kinerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wah gendut banget ya formasi wakil menteri Jokowi periode ini. Semoga mereka dapat mengemban amanah dengan baik ya, Millens! (IB09/E06)