Daftar Lengkap 8 Klub yang Lolos Perempat Final Liga Champions

Empat wakil Inggris lolos ke babak perempat final Liga Champions 2019. Siapa sajakah empat klub lain yang lolos?

Daftar Lengkap 8 Klub yang Lolos Perempat Final Liga Champions
Barcelona, satu-satunya wakil La Liga yang lolos perempat final Liga Champions. (Getty Images/David Ramos)

Inibaru.id – Kemenangan Liverpool di kandang Bayern Munchen dan pembantaian Barcelona pada wakil Prancis Olympique Lyonnais menjadi penutup babak 16 besar Liga Champions 2019. Dengan hasil ini, nggak ada satu pun wakil dari Liga Prancis dan Jerman yang lolos ke babak perempat final.

Kompas.com, Rabu (14/3/2019) menulis, sejak 2009 lalu, baru kali ini empat klub dari Liga Inggris lolos ke babak perempat final Liga Champions. Jika sepuluh tahun yang lalu empat klub Inggris yang lolos adalah Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal, tahun ini yang lolos adalah Manchester United, Manchester City, Liverpool, dan Tottenham Hotspurs.

Tim-tim dari La Liga Spanyol yang biasanya mampu berbicara jauh di Liga Champions justru berguguran di babak awal musim ini. Bahkan, juara bertahan tiga kali berturut-turut Real Madrid kandas di tangan raksasa Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam. Kini, asa mempertahankan Piala Kuping Besar di tanah Spanyol dibebankan ke Barcelona, satu-satunya wakil La Liga yang tersisa.

Italia juga hanya mengirim satu wakil di babak perempat final. Namun, faktor Cristiano Ronaldo yang masih garang di kompetisi Eropa bisa jadi membuat Juventus mampu berbicara banyak setelah berkali-kali gagal di babak final dalam dua dekade terakhir.

Undian Perempat Final

Undian babak perempat final Liga Champions musim ini akan diadakan di Nyon, Swiss, Jumat (15/3) pukul 18.00 WIB atau 12.00 waktu setempat. Di babak ini, tim dari satu negara yang sama bisa bertemu sehingga ada kemungkinan tim dari Inggris harus saling mengalahkan demi mencapai babak final.

Berikut adalah daftar lengkap tim yang lolos babak perempat final Liga Champions musim iini.

Inggris: Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspurs, Liverpool.

Italia: Juventus.

Spanyol: Barcelona.

Portugal: Porto.

Belanda: Ajax Amsterdam.

Siapa ya yang bakal lolos ke babak semifinal? Mana jagoanmu, Millens? (IB09/E04)