Daftar Agenda Pariwisata dan Pendidikan di Indonesia yang Ditunda Akibat Corona

Daftar Agenda Pariwisata dan Pendidikan di Indonesia yang Ditunda Akibat Corona
Semarang Night Carnival 2020 terpaksa ditunda. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Sejumlah tempat wisata dan institusi pendidikan terpaksa menunda jadwal kegiatan yang telah dibuat karena menyebarnya virus corona (covid-19). Beberapa tempat rekreasi juga terpaksa ditutup dan sejumlah kegiatan belajar dilaksanakan secara jarak jauh.

Inibaru.id – Kasus penderita positif corona (covid-19) di Indonesia hingga Jumat (13/3/20) sore berjumlah 69 orang. Di antara jumlah tersebut, 2 merupakan balita, 4 orang telah meninggal dunia, sementara baru 5 orang yang dinyatakan sembuh.

Situasi ini membuat pelaku pariwisata dan pendidikan di Indonesia cemas sehingga mengambil langkah-langkah untuk pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Berikut beberapa di antaranya.

Semarang Night Festival Diundur

Semarang Night Carnival 2019. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Semarang Night Carnival 2019. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Semarang Night Festival 2020 bertajuk “Kemilau Nusantara” yang rencananya akan digelar pada 30 Maret 2020 terpaksa ditunda. Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Kota Semarang Adhe Bakti Ariawan mengatakan, penyebaran Covid-19 yang mulai masif membuat pagelaran meriah yang menampilkan beragam kostum memukau ini ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mengimbau agar masyarakat menghindari kerumunan untuk sementara.

Sejumlah Wisata di Jakarta Tutup

Wisata Ancol sementara ditutup. (Industry)<br>
Wisata Ancol sementara ditutup. (Industry)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat kebijakan menutup sejumlah tempat wisata milik Pemprov selama dua pekan karena merebaknya virus corona. Dimulai sejak 14 Maret 2020, daftar wisata tersebut meliputi: Kawasan Kota Tua, Ancol, Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Ismail Marzuki, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Pulau Onrust, Rumah Si Pitung, anjungan DKI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta sejumlah museum dan Gedung Kesenian di Jakarta lainnya.

Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Universitas Indonesia (UI)

UI membuat edaran khusus untuk mencegah corona. (Humas/UI)<br>
UI membuat edaran khusus untuk mencegah corona. (Humas/UI)

UI telah menerbitkan Surat Edaran bernomor SE-703/UN2.R/OTL.09/2020 yang berisi sepuluh instruksi bagi sivitas akademika untuk mencegah penyebaran covid-19. Beberapa isinya termasuk imbauan untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat, nggak datang ke kampus ketika terindikasi sakit selama pandemi covid-19, hingga kegiatan belajar dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan, langkah ini diambil untuk melindungi keselamatan segenap warga.

Kuliah Semester Genap PKN STAN Diundur

PKN STAN mengundur kuliah semester genap. (Detikcom/Fadhly Fauzi Rahman)<br>
PKN STAN mengundur kuliah semester genap. (Detikcom/Fadhly Fauzi Rahman)

Direktur Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Rahmadi Murwanto lewat surat bernomor PENG-29/PKN/2020 memberi pengumuman jadwal kuliah mahasiswa semester genap 2019/2020 diundur. Jadwal yang seharusnya dimulai pada 16 Maret diundur hingga sebulan sampai 13 April 2020. Kebijakan ini dibuat untuk mengantisipasi menyebarnya virus corona (covid-19). Selain itu, bimbingan skipsi dilakukan secara daring.

Upacara Wisuda Udinus Ditunda

Udinus menunda wisuda bulan Maret 2020. (Suara/Dafi Yusuf)<br>
Udinus menunda wisuda bulan Maret 2020. (Suara/Dafi Yusuf)

Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Edi Noersasongko mengatakan, upacara wisuda yang rencananya digelar Rabu (18/3) ditunda hingga wisuda berikutnya pada Agustus 2020 mendatang. Dalam wisuda ini setidaknya akan ada 506 wisudawan dan jika digabung dengan orangtua yang mendampingi berjumlah sekitar 1.500 orang dalam ruangan. Upaya ini diambil sebagai upaya pencegahan virus corona.

Selama perigatan ini berlalu, tetap jaga kesehatan ya dan terapkan pola hidup sehat ya, Millens! (MG26/E06)