Kemenristekdikti Bakal Luncurkan Cyber University

Sebentar lagi, kamu bisa kuliah di rumah lo, Millens. Cukup melalui gawai, kamu bisa mengikuti perkuliahan seperti di kampus. Wah, gimana caranya?

Kemenristekdikti Bakal Luncurkan Cyber University
Kemenristekdikti persiapkan cyber university. (Ristekdikti.go.id)

Inibaru.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) saat ini sedang mengembangkan cyber university. Dengan adanya cyber university, kamu bisa kuliah tanpa harus datang ke kampus atau bertatap muka dengan dosen dalam kelas.

Antaranews.com, Kamis (29/3/2018), menulis, Menristekdikti M Nasir mengatakan dengan adanya sistem perkuliahan daring (online), mahasiswa  di seluruh daerah di Indonesia dapat mengakses perkuliahan. Nggak hanya di Indonesia, perkuliahan itu juga kemungkinan bisa diakses ke luar negeri. Program ini disiapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca juga:
Karya di Rabbit Town yang Diduga Plagiat
Tekankan Prinsip Jujur, Penghulu Ini Rajin Laporkan Gratifikasi ke KPK

"Nanti mahasiswa bisa mengakses perkuliahan di mana pun tanpa perlu bertatap muka dengan dosen," ujar Nasir.

Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Universitas Diponegoro itu menambahkan, mahasiswa cukup memakai gawainya agar dapat mengikuti perkuliahan. Dengan program itu, mahasiswa yang tempat tinggalnya jauh dari kampus bisa terbantu. Selain itu, Kemenristekdikti bakal memantau perkuliahan daring dan modul-modul yang digunakan lewat cyber university.

Untuk mewujudkan progam cyber university, pemerintah melakukan berbagai persiapan pada sejumlah sektor seperti jaringan, infrastruktur, pengaturan, dan pelatihan. Pada sektor jaringan, Kemenristekdikti membuat Indonesia Research and Education Network (IDREN) untuk memperbaiki jaringan dari Aceh hingga Papua. Sementara pada sektor infrastruktur, pengaturan, dan pelatihan, Nasir mengaku masih menggodok ketiga hal itu.

Baca juga:
Bonita Terancam Dibunuh
Saat Instagram David Beckham Diambil Alih Sripun

Saat ini, sejumlah universitas di Indonesia sudah mulai menjalankan program cyber university ini. Unversitas itu di antaranya Universitas Terbuka (UT), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Universitas Bina Nusantara (Binus).

Wah, semoga program cyber university segera terwujud ya, Millens. Kalau kuliah daring kan enak ya nggak usah jauh-jauh datang ke kampus. Ha-ha  (UMU/IF)