Curhat Maudy Ayunda Sebelum Belajar ke Stanford

Curhat Maudy Ayunda Sebelum Belajar ke Stanford
Maudy Ayunda (Jakarta Post/Wienda Parwitasari)

Maudy Ayunda akan menempuh pendidikan S2 di Stanford University, Amerika Serikat mulai pekan ini. Seperti apa persiapannya?

Inibaru.id – Pekan ini, Maudy Ayunda akan berangkat ke Amerika Serikat untuk belajar di Stanford University. Maudy akan menempuh pendidikan S2 di bidang bisnis dan pendidikan.

Laman Kompas, Sabtu (7/9/2019) menulis, meski sudah pernah belajar di luar negeri sebelumnya, Maudy mengaku kepergiannya untuk kali ini terasa jauh lebih berat.

“Rasanya jauh lebih berat dibandingkan dengan saat pertama kali belajar di luar negeri untuk S1. Mungkin karena pendidikan S2 lebih optional. Kalau S1 kan bentuknya masih seperti orang kuliah biasa,” ucap Maudy.

Dia juga menyebut meninggalkan orang-orang terdekat sebagai salah satu alasan mengapa kepergiannya ke Amerika Serikat kali ini terasa sangat berat.

“Aku harus meninggalkan keluarga dan teman-teman. Kenyamanan yang biasa aku rasakan di sini juga harus aku tinggalkan,” lanjutnya.

Ditanya soal karier, Maudy nggak begitu memusingkannya.

“Kalau karier aku sebenarnya sedang senang-senangnya. Banyak proyek yang memang terasa cocok dengan minat aku. Tapi karena pendidikan S2 ini seperti chapter baru bagi kehidupanku, aku merasa bersemangat,” terangnya.

Maudy mengaku sudah mempersiapkan beberapa hal sebelum berangkat ke Negeri Paman Sam. Dia juga mengaku sudah siap untuk kembali beradaptasi layaknya mahasiswi pada umumnya.

“Aku nanti bakalan tinggal di asrama gitu. Balik lagi ke dunia mahasiswa. Yang susah sekarang adalah packing. Sudah sejak beberapa hari lalu membuka koper, tapi masih bingung barang-barang mana saja yang mau dimasukkan dan mana yang tidak. Sampai sekarang belum selesai,” pungkasnya.

Pergi ke luar negeri demi menempuh pendidikan memang nggak mudah untuk dilakukan, ya Millens. Apalagi harus jauh dari orang-orang terdekat untuk beberapa waktu. Namun, kesempatan seperti yang didapatkan Maudy memang sayang untuk dilewatkan. (IB09/E04)