Cuma Mager Seharian, Kenapa Badan Pegal Semua Ya?

Cuma Mager Seharian, Kenapa Badan Pegal Semua Ya?
Banyak orang merasakan badan pegal meski nggak melakukan aktivitas berat. (Flickr/ centro güel)

Nggak ngapa-ngapain, apalagi melakukan pekerjaan berat. Tapi, badan justru terasa pegal dan nyeri. Apa sih penyebab hal ini?

Inibaru.id – Banyak orang yang mendambakan kerja sambil duduk-duduk saja di kantor atau bahkan rebahan seharian jika ada kesempatan. Hal ini dianggap bisa membuat badan terasa lebih nyaman. Tapi, justru banyak lo orang yang mengeluhkan badan terasa pegal seharian padahal mager seharian.

Rasanya hampir sama layaknya setelah kita kerja keras banting tulang. Apa penyebabnya, ya?

Psikolog bernama Angelica Raucci sepertinya punya jawaban akan hal ini. Dia menyebut masyarakat modern terkadang terlalu mementingkan kelelahan fisik dan menyepelekan kelelahan emosional.

“Kita cenderung abai dengan kondisi emosi saat bekerja. Pikiran pun berusaha menunjukkan ke kamu yang sedang stres dengan gejala fisik,” ucapnya.

Kalau kamu mengalami kelelahan mental, maka fisik akan mengalami dampaknya. Sebagai contoh, neurotransmitter bernama adenosin akan meningkat jumlahnya. Adenosin ini berfungsi sebagai pengendali kadar energi. Semakin banyak jumlahnya di sistem saraf, semakin lelah tubuh.

Bahu, leher, dan punggung kerap merasakan sensasi pegal. (Flickr/

Justin Leonard)
Bahu, leher, dan punggung kerap merasakan sensasi pegal. (Flickr/ Justin Leonard)

Kalau kamu hanya kerja duduk-duduk seharian sambil memegang komputer, hal ini juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada tubuh. Apalagi jika postur tubuhmu nggak baik. Beberapa hal yang bisa kamu rasakan adalah sakit leher, kenaikan asam lambung, dan lain-lain.

“Demi menghindarinya, pastikan layar komputer sejajar dengan mata. Jaga jaraknya 40 hingga 70 cm. Keyboard diposisikan agar tangan dan siku membentuk sudut 90 derajat. Kalau perlu, tempatkan bantal pinggang di punggung bawah demi mencegah munculnya rasa nyeri,” ucap dokter fisioterapi dari Italia bernama Giulia Messina.

Hal lain yang menyebabkan badan pegal semua meski kita nggak ngapa-ngapain seharian adalah kurang olahraga. Kurang gerak mempengaruhi otot-otot dan peredaran darah. Jarang olahraga, apalagi nggak pernah terpapar matahari pagi juga memperburuk kondisi mental. Kombinasi dari semua hal ini bisa membuat kamu mudah pegal dan jatuh sakit.

“Lakukan aktivitas fisik demi mengurangi stress, emosi negatif, dan rasa cemas. Kamu juga sebaiknya tidur cukup agar badan nggak pegal-pegal,” saran Raucci.

Nah, sudah tahu kan mengapa kamu bisa merasa pegal meski nggak ngapa-ngapain seharian? Yuk perbaiki gaya hidup agar lebih sehat dan bugar. (Vic/IB09/E05)

Tags : #Pegal #Nyeri