Cukup Puas, Tim Karate Indonesia Berhasil Lampaui Target di SEA GAMES 2017

Raih 3 medali emas di SEA Games 2017, kontingen cabang olah karate mengaku melampai ekspektasi.

Cukup Puas, Tim Karate Indonesia Berhasil Lampaui Target di SEA GAMES 2017
Pertandingan karate di SEA Games 2017. (Foto: metronews.com)

Inibaru.id - Tim Karate Indonesia berhasil membanggakan prestasi olahraga Indonesia dengan malampaui target yang diperkirakan sesaat sebelum berlaga di SEA GAMES XXIX Kuala Lumpur, Malaysia. Hanya ditargetkan mendapatkan 2 emas, tim karate justru mampu menggondol 3 emas. Setelah pada Selasa (22/8) mendapatkan emas pertamanya melalui Srunita Sari Sukatendel, tim karate kembali mendapatkan tambahan 2 emas lainnya melalui Iwan Bidu Sirait dan Cok Istri Agung Sanistya Rani pada Rabu (23/8) lalu.

Iwan Bidu Sirait sendiri berhasil merebut medali emas setelah mengalahkan John Paul Bejar dari Filipina dalam kategori Kumite -55 kg, di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC). Meskipun sempat tertinggal 0-2, karateka muda berusia 22 tahun ini tidak menyerah dan terus merangsek lawannya sehingga akhirnya bisa mengakhiri pertandingan dengan skor 10-4.

Saat diwawancari setelah pertandingan, Iwan yang juga berprofesi sebagai anggota sersan dua TNI Angkatan Darat mengaku geregetan karena sempat tertinggal di awal-awal pertandingan. Untungnya, hal ini tidak menyurutkan semangatnya dan terus menyerang lawannya demi mendapatkan medali emas. Iwan berujar bahwa lawannya memang sangat tangguh dan tidak bisa disepelekan. Namun, dia terus berusaha untuk tenang dan fokus hingga akhirnya berhasil mendapatkan emas yang Ia persembahkan buah seluruh rakyat Indonesia dan TNI AD.

Karateka Indonesia lainnya, Sanistya, turun dinomor Kumite -61 putri. Berbeda dengan Iwan yang harus berjuang keras menghadapi lawan yang tangguh, Sanistya tidak begitu mendapatkan perlawanan yang berarti dari Arm Sukkiaw dari Thailand sehingga menang dengan skor 7-0. Sunistya pun mengaku sangat puas karna berhasil mendapatkan medali emas untuk pertama kalinya.

Menurut karateka asal Bali ini, sebelumnya Ia memang sudah mempelajari kekuatan sekaligus kelemahan lawannya dari Thailand ini melalui video rekaman pertandingan, sehingga saat laga berlangsung ia bisa mengatasi lawannya dengan mudah.

Meskipun sudah melampaui target, cabang olahraga beladiri ini ternyata masih menyisakan empat nomor lagi, yakni Kata Beregu Putra dan Putri, serta Kumite Beregu Putra dan Putri. Baron Bahar selaku pelatih tim karate Indonesia menyebutkan bahwa dari nomor-nomor yang akan dipertandingkan ini, peluang untuk menambah medali, termasuk medali emas masih sangat terbuka, khususnya dari nomor Kata Beregu Putra dan Putri.

Selain dari ajang Karate, ajang SEA GAMES 2017 pada hari Rabu (23/8) ini juga menghasilkan medali emas bagi Indonesia dari ajang senam dimana atlet Rifda Irfanaluthfi berhasil menjadi peringkat teratas pada nomor artistik balok keseimbangan. (AS/IB)