Cuci Tangan, Sebaiknya Pilih Sabun Batang, Cair, atau Hand Soap?

Cuci Tangan, Sebaiknya Pilih Sabun Batang, Cair, atau Hand Soap?
Mencuci tangan dengan sabun penting untuk dilakukan demi mencegah penularan virus corona (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mewabahnya virus covid-19 membuat banyak orang mulai peduli terhadap pentingnya cuci tangan. Namun sudahkah kamu tahu jenis sabun mana yang paling cocok untuk cuci tangan? Yuk simak penjelasannya!

Inibaru.id - Salah satu cara melindungi diri dari virus Covid-19 adalah dengan rajin cuci tangan. Mencuci tangan dapat membuat tanganmu bersih dari virus dan bakteri. Bahkan, rajin mencuci tangan bisa menjadi salah satu faktor penentu dalam pemutusan rantai penularan virus corona, lo.

Hanya, hal tersebut akan terjadi kalau cara kamu mencuci tangan dengan cara yang benar. Selain itu, kamu juga disarankan untuk memakai sabun yang tepat. 

Berikut adalah beberapa fakta tentang sabun yang bisa kamu gunakan untuk mencuci tangan.

Bahan Utama Pembentuk Sabun

Sabun cuci tangan (hand soap) bisa dipakai setiap hari (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Sabun cuci tangan (hand soap) bisa dipakai setiap hari (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Reaksi kimia antara lemak atau minyak dan garam (senyawa alkali) yang ada di dalam sabun dengan air membuat sabun efektif mengangkat dan menghilangkan kuman, bakteri, dan virus. Campuran bahan-bahan tersebut dapat membuat sabun berbusa. Reaksi ini disebut dengan saponifikasi.

Sabun memiliki molekul yang unik karena dapat mengikat air dan minyak sekaligus. Bahkan virus yang berlapis lemak pun bisa dihilangkan bersama dengan air mengalir. Itulah alasan mengapa mencuci tangan nggak cukup hanya dengan air mengalir saja. Kamu juga butuh sabun untuk menghilangkan virus, bakteri, atau kuman yang menempel di tangan kamu.

Sabun yang Aman untuk Kulit Manusia?

Mencuci tangan dengan sabun (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mencuci tangan dengan sabun (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Meski semua jenis sabun berbahan dasar sama, sabun cuci tangan (Hand soap) adalah sabun yang paling aman untuk membersihkan tangan tiap hari. Ini karena sabun cuci tangan mengandung bahan tambahan berupa moisturizer. Bahan ini bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Meski kamu sering mencuci tangan setiap hari, kulit nggak akan gampang kering kok.

Hal ini sangat berbeda dengan sabun cuci piring misalnya. Sabun ini sebenarnya sangat ampuh menghilangkan lemak, namun tak dilengkapi dengan moisturizer. Karena alasan inilah menggunakan sabun jenis ini untuk cuci tangan akan membuat tangan terasa sangat kering.

Apapun Jenis Sabun Sebenarnya Bisa Dipakai untuk Cuci Tangan

Dalam kondisi darurat seperti nggak ada sabun cuci tangan, padahal tangan kamu berada dalam kondisi kotor, apapun jenis sabun bisa dipakai kok. Pastikan untuk melakukan cara mencuci tangan dengan baik agar kuman dan virus bisa benar-benar dibasmi.

Sabun batangan juga bisa kamu gunakan untuk mencuci tangan. (Pixabay/ Free-Photos)
Sabun batangan juga bisa kamu gunakan untuk mencuci tangan. (Pixabay/ Free-Photos)

Sebagai contoh, kamu bisa kok memakai sabun batangan. Hanya, pastikan untuk menjaga kebersihannya, ya? Tempatkan sabun di wadah yang aman sehingga nggak mudah kotor. Selain itu, sebaiknya kamu nggak memakainya bersama dengan orang lain.

Jadi, apakah kamu sekarang jadi rajin mencuci tangan dengan sabun, nih Millens? (Hip/MG27/E07)