Cristiano Ronaldo Nggak Suka Minum Soda, Karena Nggak Baik Buat Liver?

Cristiano Ronaldo Nggak Suka Minum Soda, Karena Nggak Baik Buat Liver?
Cristiano Ronaldo nggak suka minum soda. (Reuters)

Aksi Cristiano Ronaldo yang menunjukkan ketidaksukaannya minum soda masih jadi perbincangan banyak orang. Beneran nggak sih minuman ini nggak baik buat liver?

Inibaru.id – Belakangan ini minuman soda lumayan jadi perhatian banyak orang. Hal ini disebabkan oleh pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo yang menyingkirkan minuman soda di ajang Euro 2020. Kabarnya sih, minuman ini bisa bikin hati kamu kena masalah kesehatan. Beneran nggak sih?

Minuman soda memang rasanya sangat enak, apalagi jika kondisinya masih dingin. Saat cuaca sedang sangat panas, misalnya, minuman dengan rasa manis ini bakal bikin kerongkongan kamu terasa sangat segar. Masalahnya banyak orang yang nggak sadar kalau minuman ini tinggi kandungan gula dan sirup fruktosa.

Meski ada kandungan gulanya, minuman ini nggak bakal bikin kamu kenyang atau lega, Millens. Realitanya, kamu bakal ingin meminumnya lagi dan lagi. Dampaknya bisa sangat buruk bagi liver alias hati kamu kalau kamu kemudian mengonsumsinya dengan berlebihan.

Kalau kamu belum tahu, liver kamu itu organ yang sangat penting. Organ inilah yang mengendalikan sistem metabolisme yang sangat mempengaruhi proses pencernaan, penyerapan nutrisi, hingga berat badan kamu. Nah, yang paling penting sih, liver menghiangkan racun dari tubuhmu.

Nah, kalau kamu banyak-banyak minum soda, maka kandungan gula buatan di dalamnya bakal banyak masuk ke dalam tubuh. Dampaknya, bisa membuat kinerja hati jadi semakin berat, lo. Soalnya, gula buatan ini juga dianggap racun yang harus disingkirkan dari tubuh.

Minum soda berlebihan buruk bagi kesehatan. (Flickr/ reggie35)
Minum soda berlebihan buruk bagi kesehatan. (Flickr/ reggie35)

Nggak hanya bikin kinerjanya jadi berat, bisa jadi lemak bakal semakin menumpuk di dalam liver. Kalau sudah begini, kamu bakal kena penyakit hati berlemak yang membuat fungsinya pun semakin melemah. Kalau begini, racun di dalam tubuh nggak bisa lagi disaring dan akhirnya tubuhmu jadi penuh racun, deh.

Dampak berikutnya, kamu bakal lebih mudah kena berbagai masalah kesehatan yang serius. Contohnya, kamu bisa kena varises, sirosis hati, hingga yang paling mematikan adalah kanker hati. Serem, ya?

Nah, kandungan lain yang bisa ditemukan di minuman soda adalah sirup jagung fruktosa tinggi. Kalau kamu sering meminumnya, bisa bikin dinding usus rusak dan akhirnya bikin hati meradang. Masalah terakhir inilah yang bisa memicu masalah hati berlemak, Millens.

Masalah lain yang bisa terjadi kalau kamu sering minum soda dalam jangka panjang adalah meningkatnya risiko diabetes. Maklum, kadar gulanya sangatlah tinggi. Masalahnya, kalau sampai kadar gula darah di dalam tubuh nggak lagi terkendali dan akhirnya berujung pada diabetes, risiko terkena infeksi hingga kematian pun bakal meningkat, Millens.

Jadi, meski aksinya kontroversial, aksi Cristiano Ronaldo yang menunjukkan kalau dia nggak suka dengan minuman soda sebenarnya ada benarnya ya buat kesehatan tubuh. Batasi konsumsi minuman ini deh buat kamu sendiri. (Cnn/IB09/E05)