Crazy Rich Grobogan Rogoh Miliaran Rupiah demi Bangun Jalan Desa

Crazy Rich Grobogan Rogoh Miliaran Rupiah demi Bangun Jalan Desa
Joko Suranto, sang crazy rich Grobogan. (Radar Kudus/Sirojul Munir)

Bukannya beli barang-barang mewah lalu dipamerkan ke media sosial, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto malah menghamburkan miliaran rupiah demi memperbaiki jalan desa yang sudah rusak parah.

Inibaru.id – Biasanya kita melihat crazy rich pamer harta di media sosial, ya Millens. Nah, kalau yang satu ini beda. Bagaimana nggak, crazy rich Grobogan malah memilih cara lain "menghamburkan uangnya", yakni dengan membangun jalan desa di kabupaten yang ada di Jawa Tengah tersebut.

Sang crazy rich bernama Joko Suranto. Dia adalah seorang pengusaha asli Grobogan. Setiap kali pulang kampung dari Bandung, Jawa Barat, dia merasa jengah dengan kondisi jalan di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung. Menurut keterangannya, jalan berstatus jalan kabupaten yang sudah rusak itu nggak pernah diperbaiki dengan serius dalam 20 tahun terakhir.

“Dari situ saya lihat bahwa jalan ini kalau hujan rusak parah. Bahkan saat saya pulang pun kesulitan untuk menuju ke lokasi rumah kelahiran saya. Karena ada persetujuan bersama tiga saudara saya, maka kami pun memutuskan untuk membangun jalan penghubung tiga desa,” terang Joko, Jumat (15/4/2022).

Laki-laki yang terjun di bisnis real estate dan REI Provinsi Jawa Barat ini nggak tahan lagi melihat jalan di kampung halamannya penuh lubang, lumpur, dan berbatu. Untuk jalan kaki saja nggak nyaman, apalagi dilewati kendaraan bermotor.

Proses pembangunan jalan yang diinisiasi oleh crazy rich Grobogan. (mediapurwodadi.pikiran-rakyat.com)
Proses pembangunan jalan yang diinisiasi oleh crazy rich Grobogan. (mediapurwodadi.pikiran-rakyat.com)

Nggak tanggung-tanggung, uang Rp 2,8 miliar dia gelontorkan untuk membangun jalan selebar 4,5 meter. Panjang jalan yang diperbaiki pun mencapai 1,8 km. Oya, dia nggak asal memilih ruas jalan karena jalanan tersebut bisa menghubungkan tiga desa sekaligus, yakni Desa Jetis, Welahan, dan Ngampu.

Alasan lain mengapa dia memilih untuk memperbaiki ruas jalanan tersebut karena tepat di depan rumah penuh kenangan masa kecil milik orang tuanya yang sudah tiada dan rumah-rumah lain milik saudara-saudaranya.

“Saya senang melihat warga yang kini antusias menikmati jalan baru. Saya harap jalan ini berguna terlebih bisa meningkatkan perekonomian warga yang mayoritas petani,” ungkapnya.

Proses pembangunan jalannya memang belum selesai. Tapi, Joko menargetkan sebelum Lebaran, jalanan sudah 100 persen diperbaiki sehingga warga bisa memakainya untuk silaturahmi di Hari Raya Idulfitri.

Crazy rich Grobogan ini memang beda ya, Millens. Nggak perlu pamer harta atau beli barang-barang mewah, malah bikin bahagia banyak orang. Luar biasa! (Det/IB09/E05)